ANALISIS FAKTOR·FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN NILAI TUKAR MATA UANG RUPIAH TERHADAP MATA UANG YEN JEPANG

NUR CHOLIS MAJID, 049314320 (2000) ANALISIS FAKTOR·FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN NILAI TUKAR MATA UANG RUPIAH TERHADAP MATA UANG YEN JEPANG. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
C 15-01 Maj a.pdf

Download (924kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak pemerintahan Orde Baru sampai dengan berakhimya pemerintah Orde Baru, Indonesia telah menerapkan tiga bentuk nilai tukar rupiah, yaitu system nilai tukar tetap (fued exchange rate), mengambang terkendali (managed jloating exchange rale) dan system nilai tukar bebas (freejloaling exchange rale). Setiap system nilai tukar yang diterapkan, pemerintah bertujuan untuk mengendalikan fluktuasi nilai tukar rupiah. Pengendalian niiai tukar rupiah bukan hanya terhadap dollar US, tetapi juga terhadap yen Jepang, valuta asing yang cukup diperhitungkan posisinya terhadap rupiah karena volume perdagangan Indonesia yang besar dengan Jepang. Pcnclitian ini mencoba rncnganalisa apakah variabel-variabel rnakro ekonorni yang rnenyebabkan perubahan permintaan dan penawaran mata uang yen, antara lain arus modal bersih, defisit transaksi betjalan lndonesia-Jepang, selisih tingkat suku bunga di Indonesia dan Jepang, selisih inflasi di Indonesia dan Jepang, jumlah uang beredar, fluktuasi nilai tukar yen terhadap dollar US dan kondisi politik dan keamanan di Indonesia mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan nilai tukar rupiah terhadap yen Jepang periode triwulan J 1993 -triwulan IV 1998. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lime-series dari triwulan I tahun 1993 -triwulan IV tahun 1998 yang diperoleh dari BPS, Bl dari berbagai laporan tahunan dan diolah kern bali. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara bersama-sarna ketujuh variabel tersebut mempuntai pengaruh yang signifikan, dengan koefisien determinasi yang tinggi mendekati satu. Sedangkan secara sendiri-sendiri temyata variabel defisit transaksi berjalan lndonesia-Jepang tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perubahan niIai tukar rupiah. Setelah dilakukan pengujian asurnsi klasik yang meliputi autokorelasi, heteroskedastisitas dan rnultikolinearitas, temyata model berubah menjadi regresi linear berganda dengan enarn variabel bebas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C 15/01 Maj a
Uncontrolled Keywords: FOREIGN EXCHANGE, MONEY-TABLES
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG3810-4000 Foreign exchange. International finance. International monetary system
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
NUR CHOLIS MAJID, 049314320UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuprajitno, Drs. Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Nov 2016 01:29
Last Modified: 30 Nov 2016 01:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47650
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item