RANCANG BANGUN ALAT PENCACAH RUMBAI ALTERNATIF DENGAN MEMANFAATKAN PERSONAL COMPUTER (PC)

ARY SUGIHARTO, 089111511 (2003) RANCANG BANGUN ALAT PENCACAH RUMBAI ALTERNATIF DENGAN MEMANFAATKAN PERSONAL COMPUTER (PC). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK MPF 19-03 SUG R.pdf

Download (284kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan merancang dan membuat alat pencacah rumbai altematif yang dihubungkan komputer dengan menggunakan bahan dan alat yang mudah didapatkan. Penelitian ini mempunyai batasan bahwa alat ini digunakan untuk menghitung cacahan rumbai bergerak yang terbentuk akibat proses interferensi. dan tekanan zat sampel dianggap konstan. Dengan penelitian ini diharapkan bennanfaat membantu peneliti menghitung jumlah cacahan rumbai yang terbentuk akibat peristiwa interferensi dan menghitung nilai indeks bias gas sam pel. Alat Pencacah rumbai ini terdiri dari dua blok rangkaian yaitu rangkaian Op-amp dan rangkaian Counter card. Counter card melakukan penghitungan cacahanjumlah rumbai (Z) yang berubah dari pola terang ke gelap. Nilai cacahan rumbai yang terukur akan ditampilkan pada layar komputer. Dengan mengetahui jumlah cacahan rumbai yang terbentuk, maka dapat diketahui indeks bias suatu gas yang dijadikan sampel. Untuk menguji apakah alat ini layak digunakan sebagai alat altematif maka digunakan CCD sebagai pembanding. Sampel yang digunakan adalah gas Oksigen. Jumlah cacahan rumbai yang terukur pada alat Pencacah rumbai altematif dibandingkan dengan jumlah cacahan yang terukur pada CCD. Dari hasil uji t (Lampiran 1) diperoleh hasil bahwa nilai probabilitas F>O,05, dan nilai probabilitas t>0,05. Hal tersebut berarti bahwa penggunaan Pencacah rumbai aItematif dengan memanfaatkan Personal Computer adalah tidak berbeda secara berarti dengan pengunaan CCD. Alat ini mempunyai ketelitian sebesar 0,000002059 %. Dari pelaksaan penelitian penulis menyarankan pedunya dibuat suatu alat yang dapat mengontrol tekanan keluaran zat sampel, sehingga tekanan keluaran zat sampel dapat konstan (tetap).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QC Physics
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ751-805 Miscellaneous motors and engines Including gas, gasoline, diesel engines
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
ARY SUGIHARTO, 089111511UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuzakki, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 30 Nov 2016 23:50
Last Modified: 19 Jun 2017 21:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47844
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item