PERANAN PRAMUGARI DAlAM MENINGKATKAN PElAYANAN DI PERUSAHAAN PENERBANGAN (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERANAN PRAMUGARI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PT. MERPATI NUSANTARA AIRLINES)

ASIH KURNIA SARIE (2004) PERANAN PRAMUGARI DAlAM MENINGKATKAN PElAYANAN DI PERUSAHAAN PENERBANGAN (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERANAN PRAMUGARI DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PADA PT. MERPATI NUSANTARA AIRLINES). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis pw 44-04 sar p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jasa penerbangan di Indonesia telah mengalami perkembangan yang pesat tiga tahun belakangan ini. Banyak sekali maskapai-maskapai penerbangan baru yang tumbuh dan berkembang di Indonesia. Kemunculan maskapai-maskapai penerbangan barn tersebut, tentu saja menimbulkan persaingan antar maskapai penerbangan. Di antara maskapai penerbangan Iokal yang masih bertahan di Indonesia, maka Merpati Nusantara merupakan penerbangan yang menjangkau kota-kota kecil di Indonesia. Dalam hal untuk lebih meningkatkan jasa pelayanan, secara otomatis memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas dan ahli dalam memberikan kenyamanan selama berlangsungnya penerbangan, dan salah satunya adalah pramugari sebagai individu yang mempunyai intensitas tinggi dengan penumpang. Perumusan masalah yang difokuskan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peranan pramugari dalam meningkatkan pelayanan penerbangan pada PT Merpati Nusantara Airlines. Kerangka pemikiran yang digunakan adalah Penerbangan sebagai Industri Pariwisata, Pelayanan dalam Perusahaan Penerbangan, Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan Penerbangan, dan Peranan Pramugari dalam Perusahaan Penerbangan. Metodologi Penelitian ini adalah kualitatif pada tataran deskriptif. Untuk penentuan informan dilakukan secara purposif sehingga diperoleh informan-informan yang pada nanti akan mendukung jalanya penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui Metode Observasi, Metode Wawancara, serta Penggunaan Bahan Dokumentasi. Teknik Analisis Data dilakukan melalui kategori data, seleksi data, untuk selanjutnya diinterpretasikan untuk menari solusi dalam permasalahaan yang diangkat dalam penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan adalah pramugari pada dasarnya mempunyai peranan yang penting dalam meningkatkan pelayanan di perusahaan penerbangan, baik pada saat operasional (penerbangan) maupun tidak (saat berhubungan dengan karyawan darat) karena kesemuanya itu ditujukan untuk memberi citra yang baik pada perusahaan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW.44/04 Sar p (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: jasa penerbangan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs > GT5220-5286 Customs relative to transportation and travel
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
ASIH KURNIA SARIENIM079910602-5
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFalih Suaedi, Dr., Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 01 Dec 2016 17:08
Last Modified: 14 Dec 2016 17:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47878
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item