ANALISIS FAKTOR ATAS VARIABEL -VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DI KABUPATEN PONOROGO DALAM MEMUTUSKAN UNTUK MENGGUNAKAN PASTA GIGI PEPSODENT WHITE

TIMBUL SULISTYOHADI (1995) ANALISIS FAKTOR ATAS VARIABEL -VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DI KABUPATEN PONOROGO DALAM MEMUTUSKAN UNTUK MENGGUNAKAN PASTA GIGI PEPSODENT WHITE. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MM 28-99.SUl a.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gigi merupakan salah satu anggota tubuh kita yang relatif membutuhkan perawatan ekstra, karena akan fatal akibatnya apabila tidak dirawat dan dijaga kebersihan dan kesehatannya. Gigi keropos, berlubang, tumbuhnya plak, karang gigi, kartes, fraklur gigi, nafas berbau tidak sedap merupakan beberapa indikasinya. Untuk perawatan dan pencegahan secara rutin, salah satu tindakan yang dapat diambil adalah menggosok gigi dengan pasta gigi yang didalamnya mengandung bahan-bahan kimiawi yang manfaatnya terhadap gigi telah terbukti seeara klinis. Diantara berbagai pasta gigi yang beredar di pasaran, Pepsodent White merupakan salah satunya yang disukai masyarakat baik itu golongan menengah atas maupun golongan bawah. Pepsodent White ini merupakan pasta gigi yang diluncurkan pertama kali oleh P.T Unilever Indonesia dan sampai sekarang masih tetap bertahan di pasar pasta gigi ini mempunyai jaringan saluran distribusi yang kuat bahkan sampai ke desa-desa terpencil mampu dijangkaunya Hal inilah yang mendorong penelitian dengan judul "Analisis faktor atas variabel-variabel yang mempengaruhi konsumen di Kabupaten Ponorogo dalam memutuskan menggunakan pasta gigi Pepsodent White", Kabupaten Ponorogo dipilih sebagai obyek penelitian karena dan survey pendahuluan, sebagian besar masyarakat Kabupaten Ponorogo menggunakan pasta gigi Pepsodent White untuk kebutuhan seluruh keluarganya. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan penyebaran kuesioner pada 200 responden yang diambil secara acak dan distrata berdasarkan pekerjannya (Stratified Random Sampling) untuk mengetahui penilaian mereka terhadap pasta gigi Pepsodent White, yaitu mengenai : Harga, Promosi, Iklan, Manfaat Produk, Kemasan, Distribusi dan Keluarga dengan menggunakan 5 skala Likert. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Factor Analysis, dimana variabel-variabel yang digunakan sebagai parameter dalam penelitian akan terkelompok membentuk faktor dan hanya faktor yang mempunyai eigenvalue≥ 1 dan Factor Loading ≥ 0,5, yang merupakan faktor yang mempengaruhi konsumen di Kabupaten Ponorogo dalam memutuskan menggunakan pasta gigi Pepsodent White, Dari hasil perhitungan dengan menggunakan paket statistik Systat, diperoleh hasil : 9 faktor (sekumpulan variabel) yang merupakan faktor yang dipertimbangkan konsumen menengah atas dan 9 faktor yang merupakan faktor yang dipertimbangkan konsumen golongan bawah di Kabupaten Ponorogo dalam memutuskan untuk menggunakan pasta gigi Pepsodent White dengan kombinasinya masing-masing. Faktor yang sangat dipertimbangkan oleh konsumen menengah atas di Kabupaten Ponorogo adalah faktor 2 yang merupakan kombinasi antara Kemasan, terutama dari "kemudahan pasta gigi apabila dituang dari kemasan, Iklan terutama dari "iklan dapat dipercaya kebenarannya" dan Manfaat Produk terutama dari "gigi putih dan cemerlang", sedangkan faktor yang sangat dipertimbangkan oleh konsumen golongan bawah di Kabupaten Ponorogo adalah Faktor 2, yaitu Manfaat Produk terutama dari manfaat "menguatkan gigi", "gigi putih dan cemerlang" dan "menyegarkan nafas". Penelitian ini menyarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menambah variabel-variabel yang relevan dalam usaha untuk menambah kontribusi faktor terhadap keputusan konsumen untuk menggunakan pasta gigi Pepsodent White dan menyarankan pada perusahaan untuk lebih memperhatikan faktor-faktor yang sangat dipertimbangkan konsumen dalam memutuskan untuk menggunakan pasta gigi Pepsodent White.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: MM 28/ 99 Sul a
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
TIMBUL SULISTYOHADINIM048310127-M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantH.A. Choesni Abdulkarim, Drs. Ec., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 01 Dec 2016 19:49
Last Modified: 01 Dec 2016 21:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/47915
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item