PENGGUNAAN MEDIA TELEVISI DAN PRESTASI AKADEMIS ANAK USIA SEKOLAH (Studi Korelasi tentang Hubungan Antara Penggunaan Media Televisi dan Prestasi Akademis Anak Kelas V dan VI SD Negeri Airlangga 4 Surabaya)

Fitri Laksmiawati, 079514615 (2001) PENGGUNAAN MEDIA TELEVISI DAN PRESTASI AKADEMIS ANAK USIA SEKOLAH (Studi Korelasi tentang Hubungan Antara Penggunaan Media Televisi dan Prestasi Akademis Anak Kelas V dan VI SD Negeri Airlangga 4 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS P 16-01 LAK P 079514615.pdf

Download (753kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan dunia pertelevisian yang kian pesat saat ini telah membawa banyak dampak. Diantaranya adalah keragaman cara televisi yang semakin meningkat. yang pada akhimya mengarah pada komersialisasi media televisi. Komersialisasi ini sendiri pada akhirnya berdampak juga pada isi dan pengemasan program tayangannya. Fenomena lain yang semakin terlihat belakangan ini adalah teros meningkatnya konsumsi untuk menggunakan media televisi oleh anak -anak. Dan tidak adanya pemilahan penayangan acara televisi secara jelas semakin memberi keleluasaan untuk memilih acara televisi yang abn ditontonnya. Hal itu tentunya membawa dampak bagi anak. termasuk: pada pelajaran dan tugas sekolah, yang pada akhimya berpengaruh pada prestasi akademis anak. Dari latar beJakang masalah diatas dirumuskan permasalahan apakah terdapat hubungan antara penggunaan media televisi dan prestasi akademis pada anak usia sekolah. Penelitian mengenai hubungan antara penggunaan media televisi dan prestasi akademis anak telah banyak dilakukan di luar negeri sebelumnya dengan basil yang sangat beragam. Dan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut di Indonesia. mengingat Indonesia memeiliki karakteristik yang berbeda dengan negara dimana telah dilakukan penelitian serupa. Kerangka teori yang digunakan pada penelitian adalah penggunaan media massa. televisi sebagai media komunikasi massa, penggunaan media televisi oleh anak serta anak: dan prestasi akademis. Sebagai sampling penelitian adalah mood kelas V dan VI SD Negeri Airlangga 4 Surabaya. dengan aswnsi secara finansial dan waktu mereka mempunyai kesempatan untuk: mengkonsumsi media. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada data Depdiknas yang menyebutkan bahwa SD ini merupakan salah satu SD dengan tingkat prestasi akademis yang tinggi di Surabaya. Untuk analisis data digunakan Korelasi Tata Jenjang Spearman yang sesuai untuk data dengan skala ordinal. Hasilnya kemudian diuji signifikansi untuk menemukan data ada atau tidak ada hubungan antara k:edua variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini adalah adanya hubungan antara penggunaan media televisi dan prestasi akademis pada anak -anak. Jenis hubungan yang teIjadi adalah huungan yang cukup be~dalam arti bahwa hubungan memang ada dan clapat dilihat dengan jelas polanya. Selain itu, basil perhitungan menunjukkan bahwa kedua variabel berkorelasi secara negatif Artinya semakin tinggi penggunaan media, semakin rendah tingkat prestasi akademis anak. Dan sebaliknya, semakin rendah penggunaan media, semakin tinggi tingkat prestasi akademis anak. Berdasarkan hal tersebut, disarankan agar orang tua tetap ikut berperan dan mengawasi aDak dalam menggunakan media. terutama televisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS K 16-01 Lak p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN MEDIA; TELEVISI; PRESTASI AKADEMIS; ANAK USIA SEKOLAH
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Fitri Laksmiawati, 079514615UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLiestianingsih D, Dra. . MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 02 Dec 2016 02:04
Last Modified: 21 Nov 2018 11:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48000
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item