SUMBER-SUMBER INFORMASI DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERUMAHAN (Studi Deskriptil Sumber-Sumher Informasi dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Perumahan Citra Harmoni Sidoarjo)

DYAN RAHMIATI, 079514742 (2001) SUMBER-SUMBER INFORMASI DALAM PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PERUMAHAN (Studi Deskriptil Sumber-Sumher Informasi dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Perumahan Citra Harmoni Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS P 15-01 RAH S 079514742.pdf

Download (749kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produk rumah merupakan produk yang memiliki keterlibatan tinggi, karena mer"iliki resiko yang besar secara finansial, sosial dan psikologis. Sehingga memerlukan informasi yang cukup sebelum melakukan proses pembelian. Bertambahnya jumlah pengembang yang menawarkan beragam produk peru mahan dengan berbagai fasilitas yang diunggulkan membuat calon konsumen harus lebih memiliki pengetahuan produk yang cukup. T erlebih lagi apabila keputusan pernbelian dilakukan pada saat krisis moneter, dimana secara finansial akan lebih beresiko. Informasi yang didapat intinya untuk mengurangi resiko dalam mengambil keputusan pembelian. Kebutuhan informasi diperoleh dari sumber-sumber yang dipercaya, bisa berasaI dari pemasar atau yang disediakan pemasar atau bahkan berasal dan sumber non-pemasar. Oleh karena itu peneliti merasa perlu meneliti sumber-sumber informasi apa yang dimanfaatkan dalam proses pengambilan keputusan pembelian produk perumahan. Tujuannya untuk mengidentifikasi sumber informasi yang digunakan konsumen, personal maupun non personal, yang disediakan pemasar atau diluar dan yang disediakan pemasar. Penelitian ini menggunakan metoda survey dengan tipe analisis penelitian deskriptif. Teon yang digunakan antara lain Saluran I nformasi , Sumber Informasi, Bauran Promosi, Teori Pengambilan Keputusan, serta Pencarian Informasi. Penelitian ini dilakukan di kompleks peru mahan Citra Harmoni Sidoarjo, karena merupakan kompleks perumahan yang berdin sesaat sebe/um krisis moneter. Menggunakan metode total sampling, mendapatkan data dari 43 responden yaitu penghuni Citra Harmoni yang menetap atau bertempat tinggal tetap di kawasan penelitian tersebut. Dari 43 responden diambil data primer dengan menggunakan daftar pertanyaan. Temuan data kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan tabel frekuensi yang diperoleh. Dari hasil analisis yang dilakukan, ditemukan kecenderungan penduduk Citra Harmoni memanfaatkan sumber informasi personal (tenaga pemasaran, konsumen CH, surat langsung, telemarketing, saudara dan ternan) dibandingkan sumber informasi non-personal (sumber netral, promosi penjualan, iklan melalui media) dalam mendapatkan informasi mengenai produk untuk keperluan pengambilan keputusan pembelian. Walaupun tenaga pemasar masih banyak dipercaya untuk dijadikan sumber informasi, namun konsumen Citra Harmoni sendiri memiliki potensi besar untuk menjadi sumber informasi yang dapat dipercaya atau sumber informasi utama konsumen. Demikian pula pada sumber informasi non-personal, yang dipilih responden sebagai sumber informasi utama adalah yang berasal dan pemasar, yaitu pameran peru mahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS P 15-01 Rah s (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: Sumber-Sumher Informasi, Pengambilan Keputusan, Pembelian Produk, Perumahan
Subjects: J Political Science
Creators:
CreatorsNIM
DYAN RAHMIATI, 079514742UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYanYan Cahyana, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Dec 2016 16:06
Last Modified: 20 Jun 2017 18:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48031
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item