ANALISIS VALUE CHAIN DAN PENENTUAN STRATEGI YANG TEPAT UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA UNIT BISNIS (Studi Kasus pada PT "SP" di Pare-Kediri)

PRIYO HARTONO, 049615366 (2000) ANALISIS VALUE CHAIN DAN PENENTUAN STRATEGI YANG TEPAT UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PADA UNIT BISNIS (Studi Kasus pada PT "SP" di Pare-Kediri). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 192-00 Har a.pdf

Download (249kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada kondisi sekarang dimana persaingan dan perubahan dunia bisnis yang semakin tajam dan cepat meneyebabkan setiap perusahaan berfikir untuk memperbaiki kinerja perusahaannya saat ini, agar tetap sUlVive dalam jangka panjang. Setiap perusahaan perlu menciptakan keunggulan bersaing pada hal yang tepat. Analisis value chain merupakan suatu cara yang dilakukan dalam menciptakan keunggulan bersaing dengan membagi unit bisnis kedalam aktivitasaktivitas nitai; mendesain, mengembangkan, memproduksi, mernasarkan, dan kegiatan petayanan. Masing-masing rantai ak-tivitas tersebut merupakan sumber dalam menciptakan keunggulan bersaing. Secara strategis aktivitas-aktivitas tersebut sangat relevan dalam memahami perilaku biaya serta sumber untuk mencapai diferensiasi dengan pesaing. Dalam memahami analisis value chain hal yang penting untuk dipahami adalah konsep strntegi. Pilihan terhadap strategi yang digunakan dalam menciptakan keunggulan inilah yang akan menentukan analisis dalam setiap aktivitas nilai yang membentuk suatu unit bisnis. Pilihan strategi yang berbeda akan menunjukkan suatu analisa yang berbeda ketika diterapkan dalam analisis value chain. Dalam menentukan strategi perlu diperhatikan strategic positioning unit bisnis, yang menggambarkan kondisi persaingan industri dan melihat kondisi intern unit bisnis untuk megetahui kelemahan, kekua~peluang dan ancaman. Pemahaman dari posisi strategis unit bisnis ini juga membantu dalam menentukan misi yang tepat yang harus diambil dalam mencapai tujuan. Jadi dalam mengembangkan analisis value chain untuk mencapai keunggulan bersaing melalui analisis pada setiap aktivitas nilai sangat ditentukan oleh strategi dan misi yang tepat, yang merupakan hasil pemahaman dari posisi strategis unit bisnis. Keterbatasan laporan fmansial saat ini merupakan kendala pertama yang dihadapi dalam menciptakan informasi yang relevant. Kondisi ini harus dirubah. Melalui analisa value chain ini penulis akan menggambarkan bagaimana PT"SP", sebagai obyek penelitian, dapat menciptakan keunggualn bersaingnya. Pemahar.san aktivitas nilai merupakan langkah awal yang dilakukan dengan membagi biaya dan aset pada setiap aktivitas niIai, selanjutnya pemahaman pemicu biaya secara strategic akan digunakan sebagai dasar dalam memahami perilaku biaya pada setiap aktivi!as niIai. Pengembangan analisis pada keterkaitan dengan supplier, antar ak-tivitas nilai dan hubungan dengan customer digunakan dalam menciptakan keunggulan bersaing sesuai dengan strategi yang telah dipilih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
PRIYO HARTONO, 049615366UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 04 Dec 2016 16:14
Last Modified: 20 Jun 2017 18:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48033
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item