JENIS CACING TANAH YANG BERPOTENSI SEBAGAI KANDIDAT BIOINDIKATOR LOGAM Pb DAN Cr BERDASARKAN KELIMPAHAN, STRUKTUR MORFOMETRI DAN KANDUNGAN SISTEIN (SPECIES OF EARTHWORM WHICH HAS POTENCY AS LEAD AND CHROMIUM BIOINDICATOR CANDIDATE BASED ON ABUNDANCE, MORPHOMETRIC STRUCTURE, AND CYSTEINE CONTENT)

WIDOWATI BUDIJASTUTI, 081217027304 (2016) JENIS CACING TANAH YANG BERPOTENSI SEBAGAI KANDIDAT BIOINDIKATOR LOGAM Pb DAN Cr BERDASARKAN KELIMPAHAN, STRUKTUR MORFOMETRI DAN KANDUNGAN SISTEIN (SPECIES OF EARTHWORM WHICH HAS POTENCY AS LEAD AND CHROMIUM BIOINDICATOR CANDIDATE BASED ON ABUNDANCE, MORPHOMETRIC STRUCTURE, AND CYSTEINE CONTENT). Disertasi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (988kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian eksplorasi ini bertujuan mengevaluasi cacing tanah sebagai potensi bioindikator logam berat Pb dan Cr berdasarkan indeks keanekaragaman, kelimpahan, struktur morfometri dan kandungan sistein pada cacing tanah yang berada di habitat pohon pisang di Gresik dan Bangkalan, menganalisis data distribusi jenis dan kelimpahan cacing lokal dengan menghubungkan pengaruhnya terhadap logam berat, faktor kimia non logam berat dan fisika tanah. Penelitian ini menggunakan metoda eksplorasi dengan sa\\\mpling terpilih, dengan menggunakan transek berukuran 25cmX25 cm, kedalaman 20 cm. Data diambil pada bulan Januari-Mei 2014 dan Februari-April 2015. Identifikasi cacing tanah dilakukan dengan menggunakan kunci Blackmore,2010. Morfometri cacing tanah yang diukur adalah berat,panjang,diameter tubuh, ukuran lubang kelamin jantan dan betina, jumlah segmen dan jumlah seta cacing. Analisis logam berat menggunakan Atomic Absorptions Spectrofotometer (AAS), analisis kandungan sistein dengan Kromatograf gas (GC), analisis fisika (suhu, kelembapan,jenis,porositas,berat isi tanah, berat jenis tanah) dan analisis kimia tanah (pH,bahan organik, C,N,P,K) menggunakan metode standart. Sedangkan data yang diperoleh dianalisis menggunakan PCA untuk mengevaluasi hubungan distribusi kelimpahan dengan parameter dan menggunakan GSCA untuk menguji hipotesis antara parameter. Hasil penelitian menemukan 5 jenis cacing tanah dari famili Megascolexcidae pada habitat pohon pisang di Gresik dan Bangkalan adalah Amynthas. robbustus, Metaphire javanica. M. californica, M. posthuma, dan Pheretima recemosa. Ada pengaruh signifikan potensi bioindikator ditinjau dari morfometri (kecuali diameter vesikula), indeks keanekaragaman, keseragaman, dan dominansi. Ada pengaruh signifikan kelimpahan cacing tanah dengan faktor fisika tanah dan logam berat. Ada pengaruh tidak langsung antara kelimpahan cacing dengan faktor kimia tanah. Jenis spesies dominan adalah A. robbustus. Ada pengaruh signifikan antara kelimpahan cacing dominan ini dengan logam berat dan fisika tanah. Faktor kimia tanah walaupun tidak pengaruh secara langsung, namun hasil analisis pengaruh total menunjukkan faktor yang paling dominan mempengaruhi kelimpahan A. robbustus. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan ada potensi bioindikator dari jenis cacing tanah terhadap logam berat Pb dan Cr berdasarkan kelimpahan, struktur morfometri dan kandungan sistein pada cacing tanah yang berada di habitat pohon pisang di Gresik dan Bangkalan, penyebaran jenis dan kelimpahan cacing yang ditemukan dipengaruhi oleh logam berat, faktor kimia non logam berat dan fisika tanah. Jenis cacing A. robbustus berpotensi sebagai bioindikator logam berat Pb dan Cr.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKC KK DIS.M.06/16 Bud j
Uncontrolled Keywords: potensi bioindikator, morfometri,indeks keanekaragaman, keseragaman dan dominansi
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA276-280 Mathematical Analysis
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Matematika dan IPA (S3)
Creators:
CreatorsNIM
WIDOWATI BUDIJASTUTI, 081217027304UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgoes Soegianto, NIDN: 0003086204UNSPECIFIED
Thesis advisorSucipto Hariyanto, Dr., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 04 Dec 2016 21:35
Last Modified: 04 Jul 2017 17:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48114
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item