PERANAN ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN(STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PENGHASIL AIR MINUM DALAM KEMASAN CHEERS DI SURABAYA)

THOMAS GUNADI IMAN SANTOSO, 040137319 (2004) PERANAN ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN(STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN PENGHASIL AIR MINUM DALAM KEMASAN CHEERS DI SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 176-04 San p.pdf

Download (174kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi dengan judul "Peranan Analisis SWOT Sebagai Dasar Penentuan Strategi Pemasaran Studi Kasus Pada Perusahaan Air Minum dalam Kemasan (AMDK) di Surabaya, ini dibuat dengan mempertimbangkan makin meningkatnya intensitas persaingan yang terjadi dalam bisnis air minum dalam kemasan (AMDK). Baik itu dengan adanya tempat-tempat air isi ulang ataupun membaiknya peningkatan kualitas produk merupakan salah satu bukti nyata ketatya persaingan bisnis air minum dalam kemasan (AMDK). Kondisi demikian secara tidak langsung memaksa perusahaan-pelusahaan AMDK untuk mampu menyusun dan menerapkan strategi pemasaran yangg tepat. tidak terkecuali PT Atlantic Biruraya untuk memperoleh formulasi strategi pemasaran yang tepat, dibutuhkan suatu analisis SWOT. Melalui analisis SWOT perusahaan mampu melihat kondisi bisnisnya secara keseluruhan baik dan sudut produk yang ditawarkan maupun pasar yang dilayani. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut dapat dirumuskan masalah Bagaimana hasil dari analisis lingkungan internal pemasaran dan lingkungan eksternal pada perusahaan pcnghasil air minum dalam kemasan (AMDK) Cheers di Surabaya dan" Stralegi pemasaran apakah yang sebaiknya dijalankan oleh perusahaan berdasarkan posisi strategis PT. Atlantic Biruraya dalam internal-eksternal matrix. Pendekatan penelitian yang dib'1makan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang tersedia deskriptif dengan melukiskan fak.1a secara t8.ktual dan cennat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan ballwa peranan analis SWOT sebagai dasar pcnentuan stratcgi pemasaran adalah sebagai suatu alat analiasis untllk mengamali dan memahami faklor-tftktor yang menjadi kekuatan sena kclcmahan schingga perusahaan mampu mengatnbil langkah-langkal1 strategik dalam memanfaatkan segala peluang yan ada dalan kondisi yang dihadapinya. Analisis SWOT merupakan suatu alat analisis bagi para pengambil keputusan kunci dalam suatu perusahaan glma mengetahui situasi dan kondisi dimana perusallaan berada, mengidentifikasi dan rnenganalisis berbagai alternatif yang layak wnuk dipertimbangkan dalam menetukan strategi dasar pemasaran. Posisi strategis PT Atlantic Biruraya dalam IE matrix berada pada sel V dengan total score IFE 2.46 dan total score total EFE 2.71. Grand strategy yang disarallkan untuk perusahaan adalah hold and maintain yang biasanya terdiri dari strategi penetrasi pasar dan pengernbangan produk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 176/04 San p FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: STRATEGIC PLANNING, MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
THOMAS GUNADI IMAN SANTOSO, 040137319UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorINDRIANAWATI USMAN, Dra., Ec., MScUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 05 Dec 2016 00:08
Last Modified: 05 Dec 2016 00:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48194
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item