IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KUANTITATIF PINORESINOL DALAM FRAKSI METANOL KULIT BATANG ALYXIA REINWARDTII BL. SECARA DENSITOMETRI

RINTANANTASARI, 059912199 (2004) IDENTIFIKASI DAN ANALISIS KUANTITATIF PINORESINOL DALAM FRAKSI METANOL KULIT BATANG ALYXIA REINWARDTII BL. SECARA DENSITOMETRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FF 97-04 Rin i.pdf

Download (292kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian dan penemuan obat-obat antikanker yang berasal dati bahan alam perlu ditingkatkan, mengingat efek samping yang ditimbulkan juga lebih kecil dibanding kemoterapi atau obat-obatan yang disintesis secara kimia. Salah satu senyawa kimia yang sering dianggap memiliki aktivitas sebagai antikanker ialah lignan. Lignan tersebar luas dalam produk alam tumbuhan, terutama pada kayu dan kulit kayu tumbuhan Gymnospermae dan beberapa famili tumbuhan Angiospermaae. (Harbome, 1999) lsolasi dan penggolongan dari lignan menghasilkan beberapa senyawa yang berpotensi sebagai prekursor antikanker, salah satunya pinoresinol yang berperan sebagai prekursor podofilotoksin. (Textran, 1998). Podofilotoksin sendiri merupakan lignan utama yang secara biologis aktif dan terkandung dalam resin Podophyllum (bahan baku yang terdiri dati sejumlah podofilotoksin yang belum distandarisasi dengan lignan lain, dan dikenal sebagai bahan yang sifatnya sitotoksik). (AHFS Drug Information, 2002)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FF 97-04 Rin i (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: LIGNARIS; MEDICINAL PLANTS; METANOL; ALYXIA REINWARDTII BL
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
RINTANANTASARI, 059912199UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHJ. MANGESTUTI AGIL, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorHerra Studiawan, Drs. MSUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 05 Dec 2016 17:46
Last Modified: 21 Jun 2017 20:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48271
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item