ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT. BUMI TIRTAMAS NUSANTARA

TONY SUJATMOKO, 049711542 E (2004) ANALISIS PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PT. BUMI TIRTAMAS NUSANTARA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B 194-04 Suj a.pdf

Download (122kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sumber daya manusia merupakan hal yang sangat vital bagi setiap perusahaan. Para individu-individu dalam perusahaan harus bertindak dalam rangka kerjasama dengan pihak yang mengkoordinasi, mengarahkan dan melaksanakan aktivitas-aktivitas perusahaan dalam kenyataannya, para pemimpin dapat mempengaruhi moral dan kepuasan kerja, keamanan, kualitas kehidupan keIja dan terutama prestasi keIja dan tingkat suatu prestasi organisasi. Para pemimpin juga memainkan peranan penting dalam memberitahu kelompok, organisasi atau masyarakat untuk mencapai tujuan mereka. Pada karyawan PT. Bumi Tirtamas Nusantara cukup banyak masalah eksternal dan internal yang muncul yang mempengaruhi prestasi kerja mereka. Seseorang karyawan memiliki prestasi kerja yang tinggi dan baik dapat menunjang tercapainya tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Untuk dapat memiliki prestasi kerja yang tinggi dan baik, seorang karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya harus memiliki ketrampilan dan keahlian yang sesuai dengan pekerjaan yang ditekuninya. Oleh karena itu peran pemimpin sangat penting untuk membangun prestasi kerja yang tinggi dan pemimpin yang efektif akan berusaha menyesuaikan gayanya dengan tingkat kematangan bawahannya. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan probability sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan SPSS 12.0. dan analisis koefisien determinasi. Uji statistiknya adalah uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial bahwa kesesuaian gaya kepemimpinan situasional terhadap pre stasi kerja karyawan berpengaruh signifikan, dimana persamaan regresi linier sederhana yaitu: Y = 21,483 + 1,488X Hasil anal isis menunjukkan pengaruh kesesuaian gaya kepemimpinan terhadap prestasi kerja karyawan. Sedangkan hubungan koefisien determinasi dari data yang ada menunjukkan bahwa hubungan antara variabel kesesuaian gaya kepemimpinan (X) secara keseluruhan dengan variabel prestasi kerja karyawan (Y) adalah kuat. Dari hasil perhitungan t hitung sebesar 4,304 lebih besar dari nilai t tabel yaitu sebesar 2,0423, dimana hal ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kesesuaian gaya kepemimpinan (X) berpengaruh terhadap prestasi kerja karyawan (Y). Sedangkan untuk menunjukkan hubungan kedua variabel tersebut sangat kuat menggunakan r2 sebesar 0,382.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK B 194/04 Suj a FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: LEADERSHIP, PERFORMANCE STANDARDS, MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
TONY SUJATMOKO, 049711542 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTIENTJE SOEMARTINI, Dra., Ec., MSUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 05 Dec 2016 19:09
Last Modified: 05 Dec 2016 19:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48299
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item