STUDY EVALUASI PELAKSANAAN PENGINDONESIAAN ISTILAH ASING PADA PAPAN NAMA/REKLAME PERUSAHAAN DI KOTAMADYA SURABAYA

SOERJATMIATININGRUM TJATUR PRASETIAWATI K., 079113283 (1998) STUDY EVALUASI PELAKSANAAN PENGINDONESIAAN ISTILAH ASING PADA PAPAN NAMA/REKLAME PERUSAHAAN DI KOTAMADYA SURABAYA. Skripsi thesis, AIRLANGGA UNIVERSITY.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS-Bi-33-05-soe-s.pdf

Download (553kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelilian yang berjudul "Studi Evaluasi Pelaksanaan Pengindonesiaan Istilah Asing di Kotamadya Surabaya" ini bertolak dari adanya pemikiran bahwa kebijakan yang dikeluarkan pemerintah yang semula bertujuan untuk melestarikan BI sebagai bahasa nasional akhirnya justru yang menjadi korban BI itu sendiri. Pelaksanaan pengindonesiaan istilah asing ini kemudian menjadi ajang pelaksanaan kekuasaan pemerintah; yaitu dengan melakukan pencoretan dan pencopotan papan nama I reklame perusahaan. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif Dengan demikian hanya mcmberikan gambaran-gambaran atau deskripsi tentang suatu fenomena kebahasaan tanpa mempertimbangkan aspek kebenaran dan kesalahan dalam penggunaan bahasa tersebut. Adapun teknik yang dipergunakan adalah teknik pcncatatan terhadap tulisan-tulisan pada papan nama I reklame perusahaan yang merupakan sampel dari penelitian ini. Teknik wawancara dan kuesioner juga dipergunakan untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana sikap dan tindakan pemerintah dalam menangani pelaksanaan pengindonesiaan istilah asing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FS BI 33/05 Soe s FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: SASTRA
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
SOERJATMIATININGRUM TJATUR PRASETIAWATI K., 079113283UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDEDE OETOMO, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 05 Dec 2016 23:08
Last Modified: 05 Dec 2016 23:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48389
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item