PENERAPAN ANALISIS COST-VOLUME-PROFIT DENGAN PENDEKATAN ACTIVITY-BASED COSTING SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PERENCANAAN LABA DAN UNTUK MENENTUKAN KOMPOSISI PENJUALAN YANG TEPAT (STUDI KASUS PADA PT. "X" DI SURABAYA)

RENNO ANDHITO, 049414599 (2000) PENERAPAN ANALISIS COST-VOLUME-PROFIT DENGAN PENDEKATAN ACTIVITY-BASED COSTING SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PERENCANAAN LABA DAN UNTUK MENENTUKAN KOMPOSISI PENJUALAN YANG TEPAT (STUDI KASUS PADA PT. "X" DI SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 209-00 And p.pdf

Download (304kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perencanaan laba yang dilakukan pihak manajemen adalah dengan menghitung persentase kenaikan target laba terhadap perolehan laba tahun sebelumnya. Peran perencanaan laba sangat penting karena menjadi penentu keberhasilan proses manajemen selanjutnya, maka dari itu faktor-faktor yang mempengaruhi laba harus dianalisis dengan seksama agar menghasilkan perencanaan yang sesuai dengan kondisi perusahaan. Penggunaan pendekatan ABC pada analisis CVP memberikan informasi perilaku biaya yang relevan dan lebih akurat kepada manajemen untuk melakukan perencanaan laba serta penentuan komposisi penjualan yang tepat Langkah awal yang harus dilakukan pada pendekatan ABC adalah melakukan identifikasi proses dan aktivitas dalam perusahaan sekaligus output dan pemicu yang berhubungan, kemudian aktivitas-aktivitas tersebut diklasifikasikan ke dalam homogeneous set. Langkah berikutnya adalah membebankan biaya-biaya yang dikeluarkan perusahaan· pada setiap aktivitas yang membutuhkannya. Setelah semua biaya terbebankan, selanjutnya dibentuk homogeneous cost pool dan pool rate. Pembebanan biaya ativitas pada setiap produk dilakukan dengan mengalikan pool rate dengan jumlah pemicu yang dikonsumsi oleh produk yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
RENNO ANDHITO, 049414599UNSPECIFIED
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 06 Dec 2016 18:44
Last Modified: 06 Jun 2017 15:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48464
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item