AGUNG PAMBUDI, 049515012
(2002)
EVALUASI PENERAPAN MANAJEMEN AUDIT PADA FUNGSI PEMASARAN
STUDI KASUS PT. "XU SIDOARJO.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Km!ampuan perusahaan untuk mepertahankan kelangsungan bidupnya dan babkan memenangkan persaingan di pasar bisa dicapai bila pengelolaan operasionai berlangsung dengan tingkat efisiensi, efektifilas dan ekonomisasi yang tinggi. Untuk membantu pihak maIIl\.iemen mencapai hal tersebut dibutuhkan pemeriksaan manajemen yang merupakan alat bantu untuk menilai hasil kerja suatu bagian atan seluruh unit organisasi yang berfungsi memeberikan infonnas~ evaluasi maupun analisis yang diperlukan. Fungsi pemasaran memegang peranan yang cukup penting dalam pencapaian tujuan perusahaan sehingga perlu dilakukan pemeriksaan manajemen untuk membantu perllsahaan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan maupun kcsempatan dan ancaman bagi perusahaan.
Dati penelitian yang dilakukan pada PT 'X' diketahui bahwa penerapan pemeriksaan manajemen fungsi pemasaran sudah berjalan cukup efektif karcna staf audit internal sebagsi pelaksana pemeriksaan manajemen berada pada departemen verifikasi yailg merupakan departemen tersendiri sehingga mempunyai tingkat independensi yang tinggi. Selain itu, sistem pelaporan yang diliasilkan sudah tersusun rapi dan terorganisir secara sistematis dan efektif sehingga menyajikan semua data penjualan yang dibutuhkan pihak manajemen, analisis yang dilakukan telah mencakup baik Iingkungan internal maupun eksternal serta perbandingan kinerja masa lalu dengan sekarang. Sehingga bisa disimpulkan bahwa pelaksanaan pemeriksaan manajemen atas fungsi pemasaran di PT 'X' sudah cukup efektif karena telah marnpu mengh.asilkan temuan-temuan audit yang dapat memberikan dampak p08itif bagi perusabaan (meningkatkan efisiensi, efektifitas dan ekonomisasi) serta sudah diambillangkah-langkah tindak Ian jut atas temuan tersebut.
Di sisi lain, meskipun pemeriksaan manajemen yang dilakukan departemen verifikasi berjalan cukup efektif namun kemampuan staf audit sebagai pelaksana manajemen audit perlu lebili ditingkatkan Iagi melalui pelatihan pihak internal maupun pihak ekstemal. Selain itu, penyusunan program audit terperinci juga perlu diIakukan agar pemeriksaan yang dilakukan dapat lebm tepat waktu dan tepat sasaran
Actions (login required)
|
View Item |