PENGARUH PENGASAPAN DENGAN BEBERAPA JENIS ROKOK TERHADAP KADAR VITAMIN C DARAH TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) YANG DIBERI VITAMIN C

HENNY SETYO FITRIANA, 06 (2003) PENGARUH PENGASAPAN DENGAN BEBERAPA JENIS ROKOK TERHADAP KADAR VITAMIN C DARAH TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) YANG DIBERI VITAMIN C. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 37 03 Fit p.pdf

Download (578kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengasapan dengan beberapa jenis rokok terhadap kadar vitamin C darah tikus putih (Rattus norvegiclIs) yang diberi vitamin C. Hewan percobaan sebanyak 24 ekor tikus putih galur Wistar berumur tiga bulan dengan berat badan antara 140-145 gram dan dibagi menjadi empat kelompok perlakuan dengan masing-masing berjumlah enam uiangan. Empat kelompok perlakuan tersebut adalah PO perlakuan dengan pemberian vitamin C, PI perlakuan dengan pemberian vitamin C dan pengasapan rokok kretek tanpa filter, P2 perlakuan dengan pemberian vitamin C dan pengasapan rokok kretek berfilter, P3 pedakuan dengan pemberian vitamin C dan pengasapan rokok putih berfilter. Pemberian vitamin C dilakukan secara per oral dengan menggunakan sonde lambung dan dosis yang diberikan adalah 2 mg/lOO gram berat badan per hari. Pengasapan rokok dilakukan di dalam kotak asap dan menggunakan alat modifikasi "smoker" dan dosis yang diberikan adalah dua batang rokok sehari dua kali. Perlakuan ini dilakukan selama 30 hari. Pengukuran kadar vitamin C dalam darah dilakukan dengan metode titrasi. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dan data yang diperoleh dianalisis dengan Anava, apabila terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) dengan taraf signifikasi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang nyata (p < 0,05) an tara perlakuan PI, P2 dan P3 dengan PO. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasapan rokok kretek tanpa filter, rokok kretek berfilter dan rokok putih berfilter dapat menurunkan kadar vitamin C darah tikus putih (Rallus norvegiclIs) yang diberi vitamin C.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
HENNY SETYO FITRIANA, 06UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSetyawati Sigit, M.S., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 07 Dec 2016 20:41
Last Modified: 07 Dec 2016 20:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48654
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item