PERJANJIAN JUAL BELl OBAT DENGAN SISTEM TENDER DAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN

ANITA HARDIYANTI, 039514249 (1999) PERJANJIAN JUAL BELl OBAT DENGAN SISTEM TENDER DAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Per 110-99.Har p.pdf

Download (168kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bahwa asas kebebasan berkontrak yang tidak terbatas bertentangan dengan asas keselarasan dan keseimbangan menurut Pancasila sehingga pemerintah berkewajiban untuk membatasi bekerjanya asas kebebasan berkontrak dalam bentuk perundang-undangan. Penerapan asas kebebasan berkontrak dalam peIjanjian jual beli obat dengan sistem tender mendapat beberapa pembatasan yaitu mengenai kebebasan untuk memilih pihak dengan siapa pemerintah akan membuat peIjanjian, kebebasan untuk menentukan obyek dari peIjanjian dan kebebasan untuk menentukan sebagian dari isi peIjanjian. Walaupun asas kebebasan berkontrak tidak dapat diterapkan sepenuhnya namun kedudukan para pihak dalam hal pemenuhan hak dan kewajiban adalah seimbang. Kedudukan para pihak yaitu pihak pemerintah dan pihak rekanan tidak seimbang dalam hal melakukan negosiasi terhadap sebagian dari isi peIjanjian dimana klausulnya ditetapkan secara sepihak oleh pemerintah dan pihak rekanan harus menerima klausul tersebut sebagai bagian dari perjanjian. Bahwa penetapan secara sepihak oleh pihak pemerintah terhadap isi dari klausul tentang standart mutu dan hak uji coba oleh pemerintah dari obat yang menjadi obyek dari jual beli adalah metupakan salah satu bentuk perlindungan hukum yang diberikan pemerintah kepada konsumen obat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Per 110-99.Har p
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3625-3649 Food. Drugs. Cosmetics
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Perdata
Creators:
CreatorsNIM
ANITA HARDIYANTI, 039514249UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri HandaJani, S.H,M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 08 Dec 2016 19:12
Last Modified: 08 Dec 2016 19:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48794
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item