PERPUSTAKAAN SEBAGAI SALAH SATU PILIHAN SARANA PEMBINAAN MINAT BACA SISWA (Studi Deskriptif Kualitatif Perpustakaan sebagai salah satu Pilihan Sarana Pembinaan Minat Baca Siswa SMU Muhammadiyah 2 Surabaya)

Wahyu Kasamaningrum, 079810977 (2001) PERPUSTAKAAN SEBAGAI SALAH SATU PILIHAN SARANA PEMBINAAN MINAT BACA SISWA (Studi Deskriptif Kualitatif Perpustakaan sebagai salah satu Pilihan Sarana Pembinaan Minat Baca Siswa SMU Muhammadiyah 2 Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
TP 02-02 Kus p.pdf

Download (321kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Minimnya sumberdaya yang berkualitas dan kompeten dibidangnya, disadari sedikit banyak karena rendahnya kemampuan prestasi akademis. Tentu saja membicarakan tentang prestasi akademis, tidak bisa lepas dari sarana utama untuk meraih pengetahuan tersebut. yakni membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab keterkaitan prestasi akademis siswa dengan tinggi rendahnya minat baca mereka, dengan salah satu indikator tinggi rendahnya atau frekuensi kunjungan mereka ke perpustakaan. Penelitian ini menggunakan informan 32 siswa kelas III IPA-4 SMU Muhammadiyah Surabaya dengan pertimbangan mereka adalah siswa yang mempunyai prestasi tinggi, dengan menempati kelas III IPA-4 sebagai kelas favorite akademis. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yaitu penggambaran secara lebih tajam melalui uraian uraian data yang diambil dari kuisioner dan pendalaman kuisioner melalui wawancara. Menggunakan sampling atau contoh penelitian hanya kelas III IPA-4. Dari temuan dapat disimpulkan bahwa : Pertama : prestasi akademis siswa dipengaruhi dengan tinggi rendahnya minat baca mereka, yang berdampak pada , luas tidaknya wawasan pengetahuan mereka Kedua : Sebagian besar responden mempunyai minat baca yang tinggi dengan memperhatikan frekuensi kunjungan ke perpustakaan (dengan asumsi semakin sering ke perpustakaan. semakin tinggi minat bacanya) Ketiga : Kunjungan ke perpustakaan biasanya bersama-sama dengan ternan kelompok sebayanyalkelompok bermain-belajar. Keempat : Sebagian besar yang ke perpustakaan meminjam buku untuk dibaca di luar perpustakaan dengan alasan sempitnya ruang perpustakaan dan untuk dibaca secara bergantian dengan teman kelompok. Kelima : Pada sebagian kecil yang lain lebih senang membaca di ruang perpustakaan, walau sempit dengan alasan mengisi waktu istirahat yang hanya sebenar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: LIBRARES, READING INTEREST
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Teknisi Perpustakaan (D3)
Creators:
CreatorsNIM
Wahyu Kasamaningrum, 079810977UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorENDANG FITRIYAH, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 08 Dec 2016 22:03
Last Modified: 13 Jun 2017 18:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/48811
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item