Nur Rahmah Handayani
(2005)
MENGENALKAN KOSAKATA dengan PENDEKATAN KOMUNlKATIF (COMMUNlCATlYE APPROACH) pada SISWA KELAS I SMPN 3 SURABAYA.
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Berdasarkan hasil pembahasan dan penilaian terhadap metode pendekatan komunikatif (Communicative Approach) pada kegiatan praktek keIju lapangan, beberapa hal yang bisa disimpulkan antara lain adaJah :
I. Pengellalan serta pemahaman kosakata baru dellgan mellggullakun metode ini 8anga! menunjang rujuan kurikulum, karena dengan metode ini siswa dituntut untuk aktif datam berinteraksi, baik dengan gum maupun sesama siswa.
2. Pengenalan dun pemahaman kosakata dengan metode lUI mempunYa! kelebihall yairu :
a. Metode ini mellciptakan nuansa komullikatif di dalam kela •.
b. Hampir setiap siswa dapat ikut berpartisipasi dalam penggunaull kosakata bam.
c. Siswa dapat mengetahui penggunaan kosakata bam tersebut dalam satu kontek>.
d. Tujuan bahasa sebagai sarana komunikasi verbal dapat tercapai dengan menggunakan metode ini.
3. Kekurangan metode ini adalah :
a. Sulit diterapkan pada level kelas pemula (beginner).
b. Cukup sulit diterapkan dalam bentuk keIas besar ( jumlah siswa lebih dari 20 orang), karena komunikasi tidak bisa berlangsung merata pada setiap siswa.
4. Metode pendekatan komunikatif ini cukup efektif untuk pengenalan dan pemahaman kosakata bam, karena siswa bisa dapat secara langsung mengenal kosakata bam tersebut melalui suatu konteks dan mengaplikasikan langsung dalam bentuk interaksi.
Actions (login required)
|
View Item |