TINTIN SUMARTINI
(2004)
PENGAJARAN KOSAKATA DALAM MENDUKUNG KETRAMPllAN BERBICARA (SPEAKING) SISWA SDN TAMAN.
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Berdasarkan pembahasan diatas, setelah melakukan praktek mengajar di SDN Taman 328 Sidoarjo selama 1 bulan, penulis menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran bahasa, dalam hal ini Bahasa Inggris sebagai foreign language, tingkat pengetahuan tentang kosakata (Vocabulary) sangatlah menentukan pada keterampilan speaking siswa, wa\aupun pada dasarnya pengetahuan tentang kosakata juga mencakup 3 keterampilan dasar bahasa yang lain, yaitu keterampilan reading, writing, dan listening.
Speaking skill sebagai suatu keterampilan yang produktif, menuntut siswa aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diberikan oleh guru. Siswa dituntut untuk dapat mengekspresikan ide atau pendapat mereka secarn lisan sebagai bentuk dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan guru atau antar siswa lain, walaupun dengan earn yang sangat sederhana. Disini, siswa belajar untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
Dalam praktek sebenamya, untuk menciptakan kelas speaking yang produktif dirasa masih sulit. Minimnya pengetahuan kosakata (Vocabulary) menjadi kendala dalam pembelajaran speaking skill. Sebagai suatu upaya untuk mengatasi kendala tersebut, siswa perlu dibekali pengetahuan kosakata yang cukup. Penguasaan kosakata akan sangat membantu siswa untuk meningkatkan speaking skill mereka, Semakin banyak perbendaharaan ka1a yang dapat dikuasai, diharapkan akan semakin baik pula keterampilan speaking siswa.
Dengan demikian, je1aslah bahwa tingkat keterampilan speaking sangat ditentukan oleh seberapa besar pengetahuan dan penguasaan akan kosakata (Vocabulary) yang dimiliki,
Actions (login required)
|
View Item |