DETEKSI PENCEMARAN BAKTERI Salmonella sp. PADA UDANG PUTIH (Penaeus merguiensis) SEGAR DI PASAR TRADISIONAL KOTAMADYA SURABAYA

ZUHRIANSYAH NASUTION, 069512219 (2000) DETEKSI PENCEMARAN BAKTERI Salmonella sp. PADA UDANG PUTIH (Penaeus merguiensis) SEGAR DI PASAR TRADISIONAL KOTAMADYA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 68 02 Nas d.pdf

Download (647kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencemaran bakteri Salmonella sp. pada udang putih segar yang dipasarkan di pasar tradisional di wilayah Kotamadya Surabaya. Udang putih segar diambil dari pasar-pasar tradisional di lima wilayah Kotamadya Surabaya yaitu Surabaya Timur, Surabaya Selatan, Surabaya Pusat, Surabaya Utara dan Surabaya Barat. Setiap wilayah diwakili oleh lima sampel, jumlah sampel keseluruhan adalah 25 sampel dengan setiap sampel beratnya 100 gram. Sampel pada setiap wilayah digerus dengan mortir dan dibuat suspensi untuk diambil isolatnya, kemudian dipupuk di medium Salmonella Shigella Agar (SSA). Selanjutnya diperiksa dengan mikroskop dan diuji sitat biokimiawinya. Data yang diperoleh dari hasil pemupukan bakteri Salmonella sp. dianalisis secara deskriptit dan dilanjutkan dengan uji Chi-Kuadrat untuk mengetahui perbedaan tingkat pencemarannya. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa udang putih segar yang dipasarkan di pasar tradisional di wilayah Kotamadya Suirabaya tercemar Salmonella sp., tetapi tidak menunjukkan perbedaan yang nyata pada tingkat pencemarannya (p>O,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
ZUHRIANSYAH NASUTION, 069512219UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImam Mustofa, M.Kes.,Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Dec 2016 23:46
Last Modified: 12 Dec 2016 23:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49006
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item