PEMANFAATAN BANGUNAN BERSEJARAH SEBAGAI OBYEK WISATA CITY TOUR DI SURABAYA

DESTI RIANA SUSANTI (2004) PEMANFAATAN BANGUNAN BERSEJARAH SEBAGAI OBYEK WISATA CITY TOUR DI SURABAYA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
Fis PW 53-05 San d.pdf

Download (208kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Surabaya memilki banyak bangunan-bangunan peninggalan jaman penjajahan dahulu. Bangunan-bangunan tersebut dikenal dengan sebutan bangunan cagar budaya sedangkan yang dimaksud dengan cagar budaya sendiri adalah benda-benda buatan manusia yang berumur sekurang-kurangnya 50 tahun serta dianggap mempunyai nilai penting bagi sejarah, i1mu pengetahuan dan kebudayaan. Oleh karena itu benda-benda cagar budaya khususnya yang berupa bangunan-bangunan tersebut perlu dilestarikan agar keberadaannya selalu ada tidak hilang di telan jaman dengan cara tidak mengubah/menghilangkan bangunan-bangunan tersebut menjadi bangunan-bangunan yang bergaya modern. Namun upaya-upaya tersebut tidaklah mudah dalam pelaksanaannya. Perlunya kerjasama dari berbagai pihak untuk menyelamatkan bangunan-bangunan kuno tersebut, terutama pemerintah kota mempunyai peran yang penting terhadap pelestarian bangunan-bangunan cagar budaya. Berdasarkan penjelasan di atas maka penulis tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai pelestarian bangunan cagar budaya yang dikaitkan dengan dunia pariwisata sehingga penelitian ini berjudul " Pemanfaatan Bangunan Bersejarah Sebagai Obyek Wisata City Tour di Surabaya ". Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan data diperoleh dengan melakukan wawancara ke berbagai pihak terkait, sedangkan Surabaya Utara dipilih sebagai lokasi penelitian dikarenakan wilayah Surabaya Utara yang memiliki Bangunan Kuno paling banyak. Dengan penelitian ini diharapkan nantinya dapat mengembangkan potensi-potensi bangunan cagar budaya dalam dunia pariwisata khususnya, sehingga akan diperoleh dua keuntungan yaitu tetap berdirinya bangunan-bangunan cagar budaya tersebut dengan nilai-nilai sejarahnya yang berharga dan dapat menghasilkan keuntungan (dalam hal keuangan) dengan menjadikannya obyek wisata sejarah dalam program City Tour.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS PW.53/05 San d (FULL TEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: obyek wisata
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT161-165 Garden cities. "The city beautiful"
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
DESTI RIANA SUSANTINIM070110851-S
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Nurdin Razak, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 14 Dec 2016 17:13
Last Modified: 18 Jun 2017 17:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49178
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item