UPACARA UNDHUH UNDHUH (Studi Deskriptif tentang Makna Simbolik Upacara Undhuh· undhuh Di Gereja Kristen Jawi Wetan Mojowamo )

SITUT RETNOWATI, 079314101 (1998) UPACARA UNDHUH UNDHUH (Studi Deskriptif tentang Makna Simbolik Upacara Undhuh· undhuh Di Gereja Kristen Jawi Wetan Mojowamo ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KK FIS ANT 142-89 ROT U.pdf

Download (217kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peneliti dalam mengkaji permasalahan tentang Upacara Undhuh-undhuh yang dilaksanakan di GKJW Mojowarno ini. dilatar belakangi oleh keinginan penulis untuk mengetahui lebih jelas tentang Upacara Undhuh-undhuh ini yang sebelumnya sudah pernah membaca tulisan tentang upacara teraebut. Setelah penulis mengikuti langsung kegiatan Upacara Undhuh-undhuh in1, peneliti merasa ada hal-hal yang belum dislnggung dalam tuliaan tentang Upacara Undhuh-undhuh sebelumnya. Dan inllah yang mendorong penulis untuk menelltl lebih dalam upacara ini. Dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif dan metode pengumpulan data secara observasi, wawancal'a dan penggunaan aumber puataka lainnya, penelitl hf;mdak mengka,jt toplk permaaalahan tentang makna simbolik dalam Upacara Undhuh-undhuh. Peneliti memilih lokasi penelitian dl Greja Kristen Jawi Wetan Hojowarno, KecaDlat;an Mojowarno, Kabupaten Jombang. Upacara Undhuh-undhuh adalah salah satu upacara slametan dalam kegiatan pertanian, yang diadakan dalam bentuk kebaktian dengan tata ibadah (liturgi) di gereja. Di aampins upacara slametan lainnya yang berhubungan densan kegiatan pertanian, yakni Kebetan dan Keleman. Upacara Undhuh-undhuh merupakan upacara puncak dari seluruh rangkai upacara slametan seputar kegiatan pertanian. Upacara Undhuh-undhuh diadakan Betiap aatu minggu aetelah panen. hari Minggu minggu pertama bulan Hei-Juni. Inti dari diadakannya upacara 1n1 adalah peraembahan kepada Tuhan (YeBuB) karena telah memberkati pekerjaan para jemaat. Pelakaanaan perayaan Upacara Undhuh-undhuh in! diikuti hampir aeluruh IDaByarakat Mojowarno, Tidak hanya aebatas jemaat Mojowarno saja hadir pula warga non Kristen, para aparat pemerintahan Mojowarno dan undangan dari luar Mojowarno serta aanak saudara dari luar kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 142-89 RET U
Uncontrolled Keywords: UPACARA ADAT
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
SITUT RETNOWATI, 079314101UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPudjio Santoso, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 14 Dec 2016 18:25
Last Modified: 18 Jun 2017 18:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49194
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item