KREATIVITAS ANAK JALANAN YANG BEKERJA DI JALAN DAN KREATIVITAS ANAK YANG TIDAK BEKERJA : SUATU STUDI KASUS

IKA SHINTA SARI, 119610156 (2001) KREATIVITAS ANAK JALANAN YANG BEKERJA DI JALAN DAN KREATIVITAS ANAK YANG TIDAK BEKERJA : SUATU STUDI KASUS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Psi 07-01.sar k.pdf

Download (226kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Setiap orang pada dasarnya memiliki potensi kreatif dan kemarnpuan untuk mengungkapkan dirinya secara kreatif, masing-masing dalam bidang dan kadar yang berbeda-beda. Tidak terkecuali anak jalanan, mereka sebenarnya pun memiliki potensi kreatif. Tetapi ada beberapa kondisi atau lingkungan yang membuat kreativitas ini muncul dan tampil sebagai suatu kualitas yang tampak, disarnping ada beberapa pembatasan atau keterbatasan yang harus dihadapi sebagai upaya menghambat atau membelenggu kreativitas anak jalanan itu. Dalarn hal ini terdapat pertentangan teorl, bahwa di satu sisi keluarga dalarn hal ini adanya peran orang tua dan saudara yang bisa memberikan lingkungan yang kondusif bagi penumbubkembangan kreativitas anak ( bagi anak yang tidak bekeIja ) sedangkan disisi lain bagi anak-anak yang bekeIja di jalan, keberadaan keluarga mungkin memiliki sedikit pengaruh bagi mereka karena banyak faktor-faktor lain di luar lingkungan keluarga yang ikut membentuk karakter anak termasuk potensi kreatifnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus eksplanatif. Variabel penelitian ini adalah kreativitas anak jalanan yang bekeIja di jalan dan kreativitas anak yang tidak bekerja. Desain penelitian yang digunakan adalah desain multi kasus -holistik. Subyek penelitian ditentukan berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan pendekatan purposif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode trliangulasi. yakni menggunakan sumber bukti jamak ( multi sumber bukti ), meliputi arsip data diri subyek, tes kreativitas verbal untuk mengukur kreativitas subyek, observasi pada saat pelaksanaan tes, kuisioner untuk mengetahui ciri-ciri kreatif subyek, observasi dan wawancara terhadap subyek dan significant other untuk mengetahui hal-hal dalam lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan keIja subyek dan form register pendataan keluarga dari BKKBN untuk mengetahui tingkat status sosial ekonomi subyek. Analisa data dilakukan dalarn bentuk "pembuatan penjelasan". Hasil analisis data menunjukkan : anak jalanan yang bekeIja di jalan lebih berkembang kemarnpuan kreatifnya bila dibandingkan dengan anak-anak lain yang sarna sekali tidak bekeIja. Bagi anak jalanan ada 3 lingkungan ( keluarga, sekolah, keIja ) yang mempengaruhi perkembangan kreativitasnya selain dari ciri-ciri kreatif yang dimilikinya. Sedangkan bagi anak yang tidak bekerja hanya ada 2 lingkungan ( keluarga dan sekolah ) yang berpengaruh terhadap pencapaian kreativitasnya. Ti~ak ada hubungan yang signifikan antara kreativitas dan intelegensi. Skor kreatiVltas sedikit banyak juga dipengaruhi sikap pada saat melakukan tes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI 07/01 Sar k
Uncontrolled Keywords: CREATIVE ABILITY IN CHILDREN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
IKA SHINTA SARI, 119610156UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWOELAN HANDADARI, Dra., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 18 Dec 2016 23:40
Last Modified: 21 Jun 2017 19:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49490
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item