NITA WAHYUNING HERAWATI, 040137330 (2007) PENGARUH SIKAP KONSUMEN ATAS UTCOMES PRODUK DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP NIAT UNTUK MEMBELI SEPEDA MOTOR HONDA TIPE BEBEK DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-herawatini-4243-b0307-t.pdf Download (352kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-herawatini-4243-b0307.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Meningkatnya pertumbuhan alat transportasi sepeda motor di Indonesia setiap tahunnya sangat tinggi, dikarenakan permintaan masyarakat akan sepeda motor sangat banyak. Pasar Indonesia yang selama ini dikuasai oleh sepeda motor dari Jepang semakin semarak dengan kehadiran berbagai macam merek sepeda motor dari Cina yang harganya jauh lebih murah dan terjangkau. Walaupun pangsa pasar Honda di Indonesia mengalami pcnurunan, tetapi penjualan sepeda motor merek Honda tetap mendominasi pasar Indonesia. Keberhasilan ini tercapai berkat komitmen PT. Astra Honda Motor untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi konsumen dengan memproduksi sepeda motor Honda yang memiliki atribut-atribut yang unggul, handal, dan berkualitas lebih bagus dari merek lain. Saat akan mengambil keputusan seorang konsumen seringkali dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Meskipun secara pribadi seseorang ingin membeli sesuatu yang diinginkan, tetapi seringkali orang lain di lingkungan sekitarnya juga ikut mempengaruhi dalam mengambil keputusan. Selain melihat, menggunakan dan merasakan sepeda motor Honda. Hal lain seperti saran, pertimbangan, dan pengaruh dari orang lain secara langsung maupun tidak juga dapat mempengaruhi pendirian seorang konsumen saat mempertimbangkan, dan membeli suatu produk atau jasa. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara sikap konsumen atas outcomes produk dan norma subyektif terhadap niat untuk membeli ulang sepeda motor Honda tipe bebek di Surabaya. Penelitian ini menggunakan 'Theory of Reasoned Action yang dikemukakan oleh Fisbein dan Ajzen, yang menyatakan bahwa niat untuk berperilaku membeli dipengaruhi oleh sikap konsumen dan norma subyektif . Data dikumpulkan dari penyebaran kuesioner kepada 200 responden. Dengan teknik Pearson Product Moment dan Cronbach's Alpha, data penelitian ini telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda, untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas yaitu sikap konsumen atas produk (X1) dan norma subyektif (X2) terhadap variabel terikat yaitu niat untuk membeli (Y). Dengan bantuan program SPSS 10.01 for windows diperoleh persamaan regresi linier berganda: Y = 0,672 +0,227 X1 + 0,053 X2. Dari hasil uji hipotesis, menunjukkan bahwa variabel sikap dan variabel norma subyektif berpengaruh signifikan terhadap niat untuk membeli baik secara simultan maupun parsial. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,738 atau 73,8% dan bertanda positif menujukkan bahwa hubungan antara variabel X dan Y kuat dengan hubungan yang searah. Nilai koefisien determinasi atau R square (R) sebesar 0,545. Hal ini menunjukkan bahwa variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 54,5%. Sedangkan sisanya sebesar 45,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B.03/07 Her p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER BEHAVIOR | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Luluk Lusiana | ||||||
Date Deposited: | 12 Apr 2007 12:00 | ||||||
Last Modified: | 18 Jun 2017 18:04 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/4958 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |