YANDA ROSSDIANA, 119610139
(2000)
HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN TERHADAP ATRIBUT-ATRIBUT SUPERMARKET SANRIO MOJOKERTO DENGAN LOYALITAS KONSUMEN.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji secara metodologis dan empiris hubungan antara kepuasan terhadap atribut~atribut Supermarket SAN RIO Mojokerto dengan loyalitas konsumen untuk mendapatkan gambaran kasar mengena! hubungan keduanya. Variabel dalam penelltian ini terdiri dari satu variabel bebas yaitu tingkat kepuasan terhadap atribut~atribut Supermarket SAN RIO Mojokerto (X) dan satu variabel terikat yaitu tingkat loyalitas konsumen (V). Penelitian ini berusaha melihat hubungan antar variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis kerja (Ha) yang telah dirumuskan sebelumnya sehingga dapat dikatakan bahwa penelitian ini termasuk dalam tipe penelitian penjelasan (explanatory atau confirmatory research).
Penelitian dilakukan pada konsumen Supermarket SANRIO MOjokerto dengan teknlk pengambilan sampel secara purposive sampling yang dikombinasikan dengen quota sampling. Adapun karakteristik-karakteristik sam pel yang diambil dari populasi yang dijadikan penelitian adalah semua subyek (baik pria maupun wan ita) yang menjadi konsumen Supermarket SANRIO, konsumen sudah pernah melakukan pembelian minimal dua kali dalam dua bulan terakhir di SAN RIO, konsumen telah berusia 18 tahun atau lebih dengan pendidikan minimal SMU atau sederajat, konsumen harus mempunyai peran sebagai decider ketika berkunjung atau berbelanja di supermarket. Jumlah reponden yang terjaring sebanyak 100 namun yang layak dianalisis sebanyak 95 responden.
Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Berdasarkan uji validitas dengan taraf siginifikansi 0,05 maka diperoleh 5 aitem yang gugur dari 50 aitem pada angket tingkat kepuasan terhadap atribut-atribut Supermarket SANRIO MOjokerto dan 1 aitem gugur dari 52 aitem pada angket tingkat loyalitas konsumen. Dengan menggunakan teknik analisis dari Hoyt, angket tingkat kepuasan terhadap atribut-atribut Supermarket SAN RIO Mojokerto dan angket tingkat loyalitas konsumen masing-masing memiliki koefisien reliabilitas (rtt) sebesar 0.896 dan 0,928 dengan p < 0,000. Dengan demikian, kedua angket tersebut dinyatakan andal.
Teknik analisis data menggunakan Korelasi Product Moment dari Pearson dengan uji p-1 ekor, dimana diperoleh nilai korelasl (r) sebesar 0,690 dan p < 0,001 yang menunjukkan hasit yang sangat signifikan. Dengan demikian, hipotesis kerja penelitian (Ha) yang menyatakan "Kepuasan terhadap atribut-atribut yang dimiliki Supermarket SANRIO, yang terdiri dari fasilitas fisik, barang dagangan yang ditawarkan, harga barang, promosi yang dilakukan, serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen, secara bersama-sama mempunyai hubungan yang positif dengan loyalitas konsumen" diterima dan sebaliknya Ho ditolak.
Hasit penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan ilmiah dalam usaha memperoleh pemahaman, mengembangkan teeri, dan menguji secara metodologis mengenai hubungan antara kepuasan terhadap atribut-atribut supermarket dengan loyalitas konsumen. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan gambaran umum atau kasar dan umpan balik kepada pihak manajemen Supermarket SANRIO mengenai hubungan antara tingkat kepuasan terhadap atribut-atribut yang dimiliki Supermarket SANRIO, yang terdiri dari fasilitas fisik, barang dagangan yang ditawarkan, harga barang, promosi, serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen, secara bersama-sama dengan tingkat loyalitas konsumen. Hal ini dapat dijadikan landasan dalam menerapkan offensive dan defensive strategy.
Actions (login required)
|
View Item |