SUMBER KEKUASAAN MODERN VS SUMBER KEKUASAAN TRADISIONAL SEBAGAI PENUNJANG PERANAN ELIT DI DESA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERANAN ELIT INFORMAL DESA DENGAN PENDEKATAN POSISI, REPUTASI DAN KEPUTUSAN DI DESA BRANGKAL KECAMATAN BALONGPANGGANG KABUPATEN GRESIK -JAWA TIMUR

ADI FIRMANTA, 079314174 (2000) SUMBER KEKUASAAN MODERN VS SUMBER KEKUASAAN TRADISIONAL SEBAGAI PENUNJANG PERANAN ELIT DI DESA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERANAN ELIT INFORMAL DESA DENGAN PENDEKATAN POSISI, REPUTASI DAN KEPUTUSAN DI DESA BRANGKAL KECAMATAN BALONGPANGGANG KABUPATEN GRESIK -JAWA TIMUR. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS P 14-00 FIR S 079314174.pdf

Download (314kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Distribusi kekuasaan yang tidak merata mengakibatkan perbedaan-perbedaan terhadap penguasaan akan sumber-sumber kekuasaan. Bagi elit yang memiliki kekuasaan, mereka memanfaatkan sumber-sumber kekuasaan aktual maupun potensial yang mereka miliki secara efektif untuk mempengaruhi proses politik. Kekuasaan yang dimiliki' oleh elit informal berbeda dengan elit formal karena hanya terdiri kewibawaan, kharisma dan kekuasaan secara fisik. Dengan masuknya modernisasi di desa Brangkal, telah te~adi pergeseran kekuasaan diantara elit desa. Keberadaan Elit tradisional mulai tergesar oleh elit yang mendasarkan kekuasaannya pada kawenangan formal yaitu UU nomor 5 Tahun 1979 tentang Pemerintahan Dasa. Sementara itu nHai-niiai modarn yang mulai masuk ke desa mengakibatkan munculnya elit -elit baru yang tidak menyadarkan pada kepemilikan atas tanah, namun berdasarkan bidang-bidang lain di luar sektor pertanian seperti pendidikan, keahlian, dan, jabatan. Peran yang dimiliki oleh elit informal di desa Brangkal sangat panting karena pada dasarnya mereka memiliki mobilitas yang lebih tinggi sehingga menjadi yang terdepan dalam menangkap nilai-niali baru yang masuk ke desa dan mampu menjembatani antara keinginan pemerintah dan kepentingan masyarakal. Dengan analisa Robert D. Putnam yang mengemukakan tiga cara untuk mengetahui peranan elit dalam masyarakat dapat dianalisa peranan elit informal di desa Brangkal. Dari analisa posisi, diketahui bagaimana peranan elit ini dengan melihat peta hubungan dalam lembaga formal yaitu dengan melihat kedudukan yang dimiliki elit.Dengan menggunakan analisa reputes; kekuasaan secara informal dalam masyarakat diketahui bagaimana peranan elit Informal tersebut dali penjelasan warga desa. T erakhir dengan ana/isa keputusan diketahui bagsimana peranan elit informal sebagai aktor dibelakang layar yang mampu dalam mengajukan inisiatif atau menentang keputusan pada proses politik dalam pilkades di desa Brangkal. Dengan mengetahui peranan yang dimiliki o!eh elit di desa beserta sumber-sumber kekuasaan yang dimilikinya, diharapkan gesekan-gesekan yang muncul diantara elit desa di des a Brangkal dalam melaksanakan pembangunan dapat diminimalisir dengan mengupayakan keselarasan peran dart para elit di desa dalsm keseluruhan proses politik di desa.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KK FIS P 14-00 Fir s (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: KEKUASAAN MODERN; KEKUASAAN TRADISIONAL; ELIT INFORMAL
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
ADI FIRMANTA, 079314174UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Prasetyo, Drs., MSiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Dec 2016 02:44
Last Modified: 07 Jun 2017 21:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49645
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item