PATRON CLIENT SEBAGAI PEMBENTUK BUDAYA POLITIK MASYARAKAT DESA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA DESA ( Studi Kasus Terhadap Konfilk Masyarakat Desa Tapen Kecamatan Kudu Kabupaten Dati II Jombang)

ANANG HARIAWAN, 078113301 (1997) PATRON CLIENT SEBAGAI PEMBENTUK BUDAYA POLITIK MASYARAKAT DESA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA DESA ( Studi Kasus Terhadap Konfilk Masyarakat Desa Tapen Kecamatan Kudu Kabupaten Dati II Jombang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS P 12-99 HAR P 078113301.pdf

Download (357kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

I'cr~elllhangall model blrokrasi di pcucsaan dari moud siruklur plIlilik des" yang Iradisional kc moud hirokrasi dcsu yang modern. Modcmisasi Ilu dilandai dcngan moud pcmilihan kepala dcsa yakni kepala desa dalam mekanismc pemilihan yang lelah dilcntukan olch negara. Tujuan pengaturan birokrasi uesa Icrsebut adalah scbagal pengintcgrasian birokrasi di skala nasional. Pengintcgrasian tersehut antara lain nH;ngcnm pcngaluwn slruktur pClllerlnlahan ucsa sckaligus pcngaluran masyarakat (individu-individu) di da\amnya dalam sualu aturan formal. I'emilihan kcpala des a di desa Tapen sebenamya lidak begi!u menonjol, artinya tidak ada pcristiwa menonjol dalam prosesnya. Namun yang menjadi faktor menarik adalah pcrilaku warga desa terhadap proses politik setelah pemilihan kepala desa berlangsung. Ketidaksukaan warga terhadap kepala desa terpilih terlihal dalam aklifilas poliliknya. Misalnya tidak dalang liap undangan musyawarah dcsa, ccnderung lidak pcduli terhadap program-prob'J"am yang masuk ke desa dan hal-hal umum lainnya. Perilaku tersebut disebabkan oleh adanya pengaruh para pcnguasa ckonomi desa setcmpat. Pengaruh yang kuat terhadap warga karena adanya hubungan patron-client. Terdapat 3 orang patron dl desa tersebuL Masyarakat pada umumnya adalah para buruh pasar, buruh tani maupun petani penggarap sangat bergantung kehidupannya pada keliga orang patron tersebut. Hubungan patron-client selain terlihal dalam orientasi ckonomi warga. juga nampak pada pol a hubungan dalam keagamaan dcngan hadirnya kc\oll1pok-kclompok pcngajianfyasinan menurul kelompok patron mana mereka berhubungan. Bukti adanya hubungan patron-client tampak sekali dengan adanya bakti seutuhnya warga (client) kepada patronnya. Selain sebagai tuan dalam hubungan ekonomi dan menganggap patron sebagai imam mereka (panutan) dalam menjalankan ajaran agama juga pada peran politik mereka baik dalam tingkat lokal maupun nasional. Perilaku politik warga sangat tergantung pada orientasi politik patron yang mereka ikuti. Warga sangat antusias dalam berpartisipasi di tiap acara-acara besar dengan dasar mengikuti anj uran patron mereka. Melihat model perilaku warga dalam partisipasi politik yang mengharapkan output dari partisipasi politiknya maka dalam tipe budaya politik menurut Sidney Verba adalah tipe budaya politik subyek (kawula), sedangkan para patron yang menurut output maka mereka ini disebut budaya politik partisipan. Bila dua ripe ini disatukan maka terbentuk budaya politik campuran (kawula-partisipan). Budaya politik desa Tapen di atas setelah melihat faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku mereka dalam partisipasi politik di tingkat desa yakni memilih calon Kades yang ditunjuk oleh patron mereka, jika sang calon tunjukan patron mereka kalah maka kondisi pasca pilkades terlihat seperti diuraikan tersebut di alas, maka tipe budaya politik ini proses terbentuknya dipengaruhi oleh pola hubungan patron-client di desa tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS P 12-99 Har p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: PATRON CLIENT; SEBAGAI PEMBENTUK BUDAYA POLITIK MASYARAKAT DESA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA DESA ( Studi Kasus Terhadap Konfilk Masyarakat Desa Tapen Kecamatan Kudu Kabupaten Dati II Jombang) ANANG HARIAWAN
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
ANANG HARIAWAN, 078113301UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Prasetyo, Drs., MsiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 21 Dec 2016 16:07
Last Modified: 11 Jun 2017 16:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49744
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item