DESYANTARl KUSUMAWATI, 049916388
(2004)
PROFIT VARIANCE ANALYSIS SEBACAI ALAT EVALUASI KINERJA MANAJEMEN GUNA MENCAPAI KEUNCGULAN BERSAING PADA PT "D".
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Dalam menghadapi persaingan yang makin ketat, badan usaha dituntut untuk selalu membenahi kinerja manajemennya. Apalagi dalam kondisi krisis ekonomi, dimana faktor-faktor persainbraIl berubah amat cepat Strategi, sebagai cara untuk mendapatkan keunggulan kompetitif, mempunyai peranan besar dalam mencapai tujuan badan usaha. Strategi ini harns selalu di evaluasi, karena strategi yang cocok untuk situasi lingkungan tertentu, mungkin tidak cocok lagi dalam periode waktu berikutnya. Karena itu, kinerja manajemen harns di evaluasi berdasar strategi yang dipilih badan usaha untuk mengetahui langkah koreksi yang selanjutnya dapat diambil. Prqfit Variance Analysis merupakan alat evaluasi kinerja manajemen, yang merangkum kejadian-kejadian yang terjadi pada laba selama peri ode akuntansi tertentu. Analisa im dapat di gunakan untuk menentukan masalah-masalah manajerial yang penting dan merupakan langkah formal untuk menentukan tindakan perbaikan yang diperlukan oleh manajemen, sehingga analisis varians ini merupakan kund penghubung (key link) dalam keseluruhan proses manajemen.
Karya ilmiah ini memilih PT."D" sebagai objek penelitian untuk mengetahui apakah strategi yang digunakan cocok guna mencapai keunggulan kompetitifuya. Strategi Cost Leadership yang digunakan PT."D" harns seialu di evaluasi sehingga dapat diketahui langkah koreksi selanjutnya. Profit Variance Analysis merupakan alat evaluasi kineIja man~iemen, yang merangkum kejadian yang teIjadi pada laba selama peri ode akuntansi tertentu.
Mula-mula analisa variance merupakan cara sederhana yang membandingkan antara anggaran dan hasil aktualnya (phase 1 thinking), tapi hasil evaluasi ini tidak akurat dan menyesatkan pembaca. Lalu dikembangkan oleh Shank & Churchill (1977), yang mengemukakan analisa variance dengan pendekatan management oriented (phase 1/ thinking). Akan tetapi, pendekatan im hanya mencerminkan kerangka keIja komprehensif dalam literatur saja, karena itu analisis ini dikembangkan lagi oleh Shank & Govindarajan yang menggabungkan varians laba dengan strategi badan usaha, dimana lUltuk produk-produk yang mempunyai pasar dan strategi berbeda dapat dievaluasi per unit usaha, sehingga dengan analisis bertingkat im hasilnya lebih akurat dan mencerminkan kineIja manajemen (phase III thinking). Dengan hasil analisa yang lebih akurat dan tajam ini, badan usaha diharapkan dapat membenahi daerah fungsionalnya, seperti pemasaran, biaya manufaktur, biaya umum dan admimstrasi dan dapat mengevaluasi strateginya agar dapat bersaing dan bertahan baik dalam kondisi saat ini maupun untuk masa yang mendatang. Dengan adanya pemikiran tahap III ini, mencerminkan kemajuan adaptasi analisa hiaya dalam era barn dimana analisis strategi adalall elemen utama dalam pemikiran bisms saat ini. Perspektif ini merupakan cara yang penting dimana manajemen biaya yang efektif melibatkan sistem posisi strategi yang dipilih manajemen. Tujuan dari skripsi im adalah menekankan bagaimana Prqfit Variance Analysis dapat dan seharusnya beralih untuk mempertimbangkan masalah strategi, sehingga evaluasi kineIja manajemen dapat lebih akurat dan bermanfaat bagi masa depan badan usaha.
Actions (login required)
|
View Item |