MUCHAMAD EKA YULIARTANA
(2004)
PENERAPAN TARGET COSTING UNTUK MENCAPAI LARA YANG OPTIMAL PADA PT SURYA SAKTI UTAMA SURABAYA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Dengan berkembangnya dunia usaha saat ini yang disertai dengan peningkatan teknologi. mengakibatkan persaingan yang semakin ketat baik pada pasar domestik maupun pasar intemasional. Konsumen semakin dewasa dalam menyikapi produk-produk yang beredar di pasaran. sementara perusahaan dituntut untuk memperoleh laba yang seoptimal mungkin agar bisa exist dalam dunia usaha.
Skripsi ini membahas usaha untuk memben'kan harga yang diinginkan konsumen tanpa mengurangi kualitas produk pada PT Surya Sakti Utama Surabaya yaitu sandal japit ardiles dan mengoptimalkan laba yang diperoleh PT Surya Sakti Utama Surabaya dengan mengunakan konsep Target Costing.
Target Costing dimulai dengan menetapkan tingkat harga yang dapat diterima oleh konsumen. Dan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dan PT Surya Sakti Utama Surabaya, diketahui bahwa harga jual produk pesaing sebesar Rp 4.500,-sampai dengan Rp 5.500,-. Selanjutnya ditetapkan target profit atau laba yang diharapkan perusahaan sebesar 26 %.
Dalam usahanya untuk mencapai target cost, penulis terlebih dahulu mengkoreksi kembali perhitungan Harga Pokok Produksi yang dibuat oJeh PT Surya Sakti Utama Surabaya. Kemudian dengan penerapan value engineering diperoleh penghematan-penghematan terhadap beberapa biaya dan aktivitas-aktivitas yang tidak mempunyai nilai tambah dieliminasi.
Actions (login required)
|
View Item |