EVALUASI KERIJAKAN PERUSAHAAN DALAM PENGAKUAN BIAYA PENDIDIKAN DAN LATIHAN (STUDI KASUS PADA PT "X" DI PASURUAN )

HAMIDAH, 049615396 (2001) EVALUASI KERIJAKAN PERUSAHAAN DALAM PENGAKUAN BIAYA PENDIDIKAN DAN LATIHAN (STUDI KASUS PADA PT "X" DI PASURUAN ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
A 262-01 Ham e.pdf

Download (338kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada adanya perbedaan pengakuan biaya pendidikan dan latihan dalam praktek di beberapa perusahaan. Sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan pendidikan dan latihan sangat besar dan kegiatan tersebut berkaitan dengan kinerja perusahaan di masa yang akan datang. Evaluasi kebijakan perusahaan dalam pengakuan biaya pendidikan dan latihan merupakan judul yang diberikan oleh peneliti untuk penelitian yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan pada PT "X'" yang berlokasi di kawasan industri PIER Pasuruan Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dengan cara wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada beberapl pihak yang terkait dengan penelitian ini. sedangkan dokumentasi dilakukan untul mendapatkan dokumen mengenai jumlah. komposisi. tingkat jabatan dan tingkat pendidikan karyawan. struktur organisiasi perusahaan. prosedur pelaksanaan kegiatan pendidikan dan I ati han. biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan pendidikan dan Iatihan pada tahun 1999 dan laporan laba rugi perusahaan untuk tahun 1998 dan 1999. Dalam pengolahan data. peneliti memisahkan antara biaya pendidikan dan latihan yang sebenamya dapat dikapitalisasi dan biaya pendidlkan dan latihan yang tidak dapat dikapitalisasi. Hal tersebut dilakukan karena sebenarnya pada PT "X" terdapat biaya pendidikan dan latihan yang dapat dikendalikan secara penuh oleh perusahaan selama tiga tahun yang merupakan masa kontrak kerja yang disepakati antara perusahaan dan peserta pelatihan. Biaya tersebut adalah biaya pelatihan produk bam yang dilaksanakan di Jepang. Dengan demikian biaya tersebut tidak lagi memiliki kendala untuk dapat dikapitalisasi. sehingga dalam penelitian ini peneliti berusaha untuk mengkapitalisasi biaya tersebut dan penyesuaian perlu dilakukan setiap akhir tahun untuk mengalokasikan biaya pada beban atau untuk memisahkan biaya pelatihan produk bam yang telah menjadi beban.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 262 / 01 Ham e ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: EVALUASI KERIJAKAN PERUSAHAAN DALAM PENGAKUAN BIAYA PENDIDIKAN DAN LATIHAN (STUDI KASUS PADA PT "X" DI PASURUAN )
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
HAMIDAH, 049615396UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoegeng Soetedjo, Dr. H. , SE., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 22 Dec 2016 16:55
Last Modified: 13 Jun 2017 18:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49877
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item