PENGIRIMAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI KE LUAR NEGERI (STUDI DESKRIPTlF IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGIRIMAN TENAGA KERJA INDONESIA KE LUAR HEGERI DI PT. SURABAYA YUDHA PRATAMA KOTAMADYA SURABAYA)

ARY WIDAYANTO, 079314020 (1999) PENGIRIMAN TENAGA KERJA INDONESIA (TKI KE LUAR NEGERI (STUDI DESKRIPTlF IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGIRIMAN TENAGA KERJA INDONESIA KE LUAR HEGERI DI PT. SURABAYA YUDHA PRATAMA KOTAMADYA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS P 11-99 WED P 079314020.pdf

Download (342kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengiriman TI<l ke luar negeri merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi tingginya angka pengangguran di Indonesia. Peluang kerja di luar negeri dengan tawaran gaji yang cLlkLip besar merLipakan daya tarik, sehingga kemudian program pengiriman TKI ke ILiar negeri mengLindang minat yang cLikup besar dari masyarakat, hasil secara nyata adalah jumlah pengiriman TKI ke ILiar negeri clari proplnsl Jawa Timur selama Pelita V yang lalu telah meleblhl target yang telah ditetapkan. Sebagai sektor jasa yang memberikan devisa negara cukup besar, maka pemerintah melakukan upaya-upaya pengatLiran dalam pengiriman TKI ini, yang dituangkan dalam bentuk kebijakan-kebijakan. Kebijakan tersebut telah beberapa kali mengalami pembaharuan. Dalam kebijakan yang terakhir yaitu Permenaker No 2 Tahun 1994 antara lain disebutkan bahwa operasional pelayanan pengiriman TKI ke luar negeri adalah pada Kantor Wilayah/Balai Akan dan Kandepnker setempat. Seleln Itu karJa sama dengan PJTKI sebagal mltra kerja adalah sangat penting. Penglriman TKI ke luar negeri ini pada gilirannya menjadi salah satu peluang yang menguntungkan bagi pihak swasta yaitu PJTKI, sehingga banyak sel<ali PJTKI-PJTKI yang berdirl. Semal,ln banyaknya PJTKI ini, pada kenyataannya belum sepenuhnya beliungsi sebagalmana mestlnya, karen a tetap saja ada PJTKI yang melakukan pelanggaran/penyimpangan. Sehingga timbullah kasus-kasus yang pada intinya merugikan pihak TKI. Ditambah lagi dengan adanya calo-calo tenaga kerja yang beroperasi secara illegal. Sebagai langkah untuk mengantisipasi hal ini perlu dilakllkan pembinaan terhadap PJTKIPJTKI yang ada secara rutin maupun insidental. Penelitian inl dlmaksudkan untllk melihat bagaimana implementasi keblJakan pengiriman TKI ke Illar negeri, Kendala-kendala apa saja yang ditemul dalam implementasi kebijakan pengiriman TKI ke luar negerl dan siapa yang diuntungkan dn dirugikan dalam pelaksanaannya. Berangkat dari suatu pemikiran terse but diatas penelitian ini pada hakekatnya dllaksanakan untuk memperoleh suatu gambaran ten tang keefektlfan dari suatu pelaksanaan kebijakan dibldang ketenagakerJaan sebagal wujud nyata upaya pemerintah untuk mendapatkan lapangan pekerjan baru dan dalam rangka meningkatkan kesejahteran TKI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS P 11-99 Wed p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: TENAGA KERJA INDONESIA; KEBIJAKAN PENGIRIMAN TENAGA KERJA INDONESIA
Subjects: J Political Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
ARY WIDAYANTO, 079314020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Windyastuti B, Dra., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Dec 2016 18:30
Last Modified: 14 Jun 2017 17:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/49979
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item