PERANAN PRRT (PERJUANGAN RAKYAT UNTUK REFORMASI TOTAL) DALAM PROSES POLITIK DI KOTA SURABAYA 1998 – 2002 (STUDI DESKRIPSI KELOMPOK KEPENTINGAN DI TINGKAT LOKAL)

SUBHAN MASRURI, 079815712 (2003) PERANAN PRRT (PERJUANGAN RAKYAT UNTUK REFORMASI TOTAL) DALAM PROSES POLITIK DI KOTA SURABAYA 1998 – 2002 (STUDI DESKRIPSI KELOMPOK KEPENTINGAN DI TINGKAT LOKAL). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FIS P 06-03 MAS P 079815712.pdf

Download (362kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Eksistensi peran PRRT dalam proses politik di Kota Surabaya memiliki karakter yang bersifut khas. Fenornena peran PRRT sebagai s/"huah kelompok kepentingan menjadi menarik untuk dikaji karena adanya militansi dan soliditas internal yang sangat kuat. Soliditas itu terbentuk sebagai akibat lansung dari adanya persamaan ideologi antar anggota dan juga kesamaan afiliasi politik pada POI Perjuangan. Dengan kata lain, sebenarnya memang PRR T merupakan wahana pengabdian dan pengaderan POI Petjuangan. Hal ini secara langsung juga berpengaruh pacta kapabilitas organisasi pRRT untuk menggelar aksi demontrasi dengan melibatkan massa dalam jwnlah yang sangat besar. Selain itu, PRRT memiliki hubungan yang erat dengan POl Perjuangan dalam hal menjadi sarana rekruitmen elite dari kalangan kader-kader yang memiliki potensi untuk menduduki berbagai jabatan politis maupun jabatan publik. Eksistensi dari para pejabat publik atau politis yang berasal dari PRRT secara tidak langsung membawa keuntungan bagi eksistensi peran PRRT. Melalul mereka, PRRT bisa mempengaruhi proses perumusan kebijakan publik. Disamping itu, juga terdapat pola hubungan antara PRRT dengan organisasi sosial politik yang lain dalam merespon berbagai isu-isu aktual. Hubungan itu terwujud dalam beberapa alsi bersama yang mencerminkan sinergi antara merekadalam ikut mempengarubi proses perumusan kebijakan publik. Tipe penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedang tehnik pengwnpuJan data mempergunakan Pedoman Wawancara Pilihan itu berdasar pada pertimbangan bahwa untuk mendapat informasi yang lengkap dan akurat, maka peneliti merasa perlu untuk berinteraksi langsung dengan swnber informasi. Penelitian yang beTfokus pada lokasi Posko PRRT ini menggunakan jenis data primer dan data sekunder.. Data itu kemudian diolah dengan mempergunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang perrnasalahan peran PRRT dalam proses politik di Kota Surabaya 1998 -2002. Selama ini, temyata, eksistensi peran PRRT tidak hanya berfokus pada aksi-aksi turun ke jalan, tetapi juga menjadi wadah pengabdian dan pengaderan PDI Peljuangan, menjaga soliditas internal pm Peljuangan, membentuk sinergi dengan kelompok-kelompok pro demokrasi yang lain dan sebagainya. Dengan berdasar pada berbagai aktitltas itu, maka peneIiti berkesimpulan bahwa eksistensi PRRT memiliki peran cukup signitlkan dalam proses politik di Kota Surabaya pada 1998 -2002. Tidak hanya sebatas organisasi penggerak aksi demontrasi, sebenamya mereka juga mampu mempengaruhi proses perumusan kebijakan publik melalui akses para mantan aktitlsnya yang kini menduduki berbagai jabatan publik dan politis, kedekatan psikologis dengan PDl Peljuangan dan keljasama dengan organisasi-orgarusasi pro demokrasi yang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK FIS P 06-03 Mas p (FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: PERJUANGAN RAKYAT UNTUK REFORMASI TOTAL; POLITIK
Subjects: J Political Science
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu dan Teknologi Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
SUBHAN MASRURI, 079815712UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAribowo, Drs. MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 27 Dec 2016 01:19
Last Modified: 14 Jun 2017 19:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50064
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item