WIYONO YAHYA MULIADI, 079915976
(2004)
KECENDERUNGAN PEMIRSA SERIAL KARTUN LETS GO DALAM MEMBELI MAINAN (Studi Deskriptif mengenai Kecenderungan Pemirsa Serial Kartun Lets Go dalam Membeli Mainan Terhadap Siswa Kelas VI SDN di Kecamatan Tandes).
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Penelitian ini berangkat dari fenomena munculnya kembali pennainan tamiya di kota-kota besar di Indonesia sejak diputaffiya film Lets Go di RCTI setiap bali Minggu pukuI 06.30 WIB. Film Lets Go ini menceritakan tentang petualangan Seiba bersaudara dalam mengikuti berbagai perlombaan tamiya dan skala kedl sampai skala Intemasional.
Mainan tamiya sendiri sekarang banyak dijumpai dan mudah didapatkan karena berbagai produk se:jenis yang berasal dari Cina membanjiri toko-toko mainan di Indonesia. Hal ini membuat tamiya bukan barang mewah sehingga anak-anak kelas ekonomi menengah ke bawah pun mampu membelinya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana kecenderungan aDakanak kelas VI SDN yang menjadi pemirsanya dalam membeli mainan tamiya. Penulis berharap penelitian ini nantinya dapat membenkan manfaat praktis bagi produsen rnainan dan pengelola stasiun televisi serta manfaat teoretis di mana bisa memberikan sumbangan pemikiran dalam kajian ilmu komunikasi.
Untuk menjelaskan fenomena ini, penulis menggunakan teori SOR yang berasumsi bahwa pemirsa dirangsang oleh pesan media massa yang kemudian menjadi perhatiannya dan berakibat pada perubahan sikap. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan tipe penelitian deskriptit: Populasi penelitian lni adaIah siswa kelas VI SDN di Kecamatan Tandes Su.-abaya. Penarikan sampelnya dilakukan dengan teknik sampel ldaster banyak tahap. Data dikumpulkan dan dianalis secara kuantitatif dan kulaitatif untuk menggambarkan pennisanya dan kepemilikan tamiya oleh pemirsanya.
HasH yang didapatkan menunjukkan bahwa kecenderungan memiliki tamiya sangat tinggi dan tiOO terpengaruh dengan tingkat perhatian.
Actions (login required)
|
View Item |