Sistem Pakar Klasifikasi Stroke dengan Metode Naive Bayes Classifier dan Certainty Factor Sebagai Alat Bantu Diagnosis

Olivia Aulia Nastiti, 081211733009 (2016) Sistem Pakar Klasifikasi Stroke dengan Metode Naive Bayes Classifier dan Certainty Factor Sebagai Alat Bantu Diagnosis. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ST.T.17-16 Nas s abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
50732.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stroke merupakan penyakit yang memiliki angka kematian tinggi di Indonesia dan di dunia. Penyakit ini berbahaya apabila tidak cepat ditangani karena gangguan peredaran darah di otak yang terjadi dapat menyebabkan cacat permanen maupun kematian. Diagnosis terhadap penyakit ini dapat dibantu prosesnya oleh sistem pakar dengan menggunakan metode Naive Bayes Classifier dan Certainty Factor. Pengambilan keputusan diagnosis dengan metode Naive Bayes Classifier menggunakan nilai probabilitas total seluruh kriteria diagnosis pada basis data yang sudah ada. Sedangkan metode Certainty Factor menggunakan kombinasi nilai bobot derajat keyakinan yang diberikan oleh pakar. Penelitian sistem pakar ini bertujuan untuk membantu proses diagnosis awal dari seorang dokter spesialis saraf dalam mendiagnosis potensi seorang pasien terkena stroke dari beberapa kriteria diagnosis tertentu beserta mengetahui akurasi dari program sistem pakar yang dibuat. Sampel penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah data rekam medis RSUD Dr.Soetomo Surabaya dari 130 pasien dengan rincian 80 data pasien stroke dan 50 data pasien non-stroke. Program sistem pakar ini menggunakan 12 kriteria diagnosis sebagai masukan dan 2 keluaran berupa keputusan diagnosis stroke atau non-stroke. Berdasarkan analisis terhadap 25 data uji terhadap 105 data latih diperoleh akurasi dari metode Naive Bayes Classifier sebesar 96% dan dari metode Certainty Factor sebesar 84%. Program sistem pakar menggunakan metode Naive Bayes Classifier dan Certainty Factor ini dapat menjadi alat bantu diagnosis untuk penyakit stroke. Kata kunci : stroke, sistem pakar diagnosis, Naive Bayes Classifier, Certainty Factor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T.17-16 Nas s
Uncontrolled Keywords: stroke, sistem pakar diagnosis, Naive Bayes Classifier, Certainty Factor.
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7868.D5 Digital electronics and Electronic circuit design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM
Olivia Aulia Nastiti, 081211733009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKhusnul Ain, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorHanik B. Hidayati, dr., Sp.S,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Jan 2017 00:45
Last Modified: 06 Jun 2017 17:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50732
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item