UJI ANTIMIKROBA EKSTRAK a-HEKSANA DAN EKSTRAK METANOL DAUN ALLAMANDA CATHARTICA TERHADAP HELICOBACTER PYLORI SECARA IN VITRO

NUR CHOLIS, 059912188 (2003) UJI ANTIMIKROBA EKSTRAK a-HEKSANA DAN EKSTRAK METANOL DAUN ALLAMANDA CATHARTICA TERHADAP HELICOBACTER PYLORI SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK FF 38 04 nur u.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari penelitian penelitian tentang Helicobacter pylori yang dibitba dengan gastritis dan tukak peptik disimpulkan bahwa Helicobacter pylori menyebabkan inflamasi pada biopsi gastrik, penurunan musin, dan kerusakaD epitel lambung yang bila tidak segera dieradikasi dapat menimbulkan karsinoma lambung. Kombinasi antibiotik efektif untuk eradikasi H elicobacter pylori tetapi menimbulkan efek samping yang serius serta tidak ekonomis. Indonesia sebagai negara yang kaya dengan tumbuhan obat memberikan peluang besar untuk ditemukannya ekstrak atau isolat dari tumbuhan yang berpotensi menghambat pertumbuhan Helicobacter pylori. Daun Allamanda cathartica mengandung senyawa kimia allamandin, plumericin, dan iso-plumericin yang mempunyai aktivitas antimikroba perlu diteliti untuk mengetahui aktivitas antimikrobanya terhadap Helicobacter pylori. Daun Allamanda cathartica diekstraksi dengan pelarut n-heksana lalu diekstraksi dengan pelarut metanol. Dari masing masing ekstrak tersebut diuji aktivitas anti Helicobacter pylori dengan metode pengenceran agar. Dari masing masing ekstrak dibuat kadar 7,5 mg/ml~ 5,0 mg/ml; 2,5 mg/ml; 1,25 mg/ml; dan 0,625 mg/ml dalam cawan petri dengan media Mueller Hinton Agar, lalu diinokulasikan isolat Helicobacter pylori 174 dari Mataram kedalam cawan Petri tersebut. Sebagai kontrol positif digunakan kloramfenikol dan kontrol negatif digunakan cairan pengencer. Semua cawan petri dimasukkan kedalam anaerob jar dalam kondisi mikroaerofilik pada suhu 37° C selama 2-5 hari. Dari hasil penelitian didapat hasil bahwa ekstrak n-heksana dan ekstrak metanol daun Allamanda cathartica tidak mempunyai aktivitas penghambatan pertumbuhan isolat Helicobacter pylori 174 dari Mataram sampai dengan kadar 7,5 mg/ml..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FF 38-04 Cho u (FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: a-HEKSANA ; ALLAMANDA CATHARTICA; HELICOBACTER PYLORI
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
NUR CHOLIS, 059912188UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul RahmanUNSPECIFIED
Thesis advisorWIWIED EKASARI, Dra. Apt.MSUNSPECIFIED
Thesis advisorSRI WINARSIH, Dra. Apt.MSUNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 09 Jan 2017 18:41
Last Modified: 09 Jan 2017 18:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50786
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item