Pengembangan Teknologi Sensor Serat Optik Untuk Menuju Kemandirian Bangsa: Pidato Disampaikan pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Fisika Optik pada Fakultas Sains dan Teknologi Unair, di Surabaya pada Hari Sabtu Tanggal 10 Desember 2016

Moh. Yasin (2016) Pengembangan Teknologi Sensor Serat Optik Untuk Menuju Kemandirian Bangsa: Pidato Disampaikan pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Fisika Optik pada Fakultas Sains dan Teknologi Unair, di Surabaya pada Hari Sabtu Tanggal 10 Desember 2016. F.SAINTEK, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (PIDATO GURU BESAR)
Pidato_Prof. M. Yasin_siap cetak.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Melalui proses evolusi yang panjang, perkembangan peradaban manusia telah memasuki era informasi. Teknologi informasi telah menjadi tren dari perkembangan kontemporer. 3 Dengan semakin banyak produk teknologi tinggi yang masuk ke dalam kehidupan manusia, akan semakin banyak permintaan pembawa informasi dengan kecepatan tinggi dan kapasitas yang besar. Hal tersebut telah menjadi sasaran para peneliti dalam mengembangkan penelitiannya. Selama 40 tahun, revolusi dibawa ke dalam teknologi informasi disebabkan oleh perkembangan industri optoelektronik dan telekomunikasi. Peningkatan kualitas dan pengurangan biaya dalam komponen optoelektronik telah membawa industri menghasilkan piranti optik dengan kinerja tinggi seperti CD, player, bar code scanner, laser printer, kamera CCD, proyektor LCD, fotodetektor kepekaan tinggi dan lain-lain. Perkembangan laser ultrafast dalam bidang komunikasi yang dihasilkan oleh perkembangan industri komunikasi serat optik berhasil menyediakan jaringan komunikasi yang handal dan lebih banyak, bandwidth lebih besar sebagai pembawa informasi dengan biaya rendah. Fisika Optik (Optical Physics) merupakan cabang Ilmu Fisika yang mempelajari tentang pembangkitan radiasi elektromagnetik, sifat radiasi dan interaksi cahaya dengan bahan. Interaksi cahaya dengan bahan dapat terjadi berdasarkan atas fenomena optis seperti pantulan, pembiasan, transmisi, dan hamburan. Sensor serat optik yang merupakan bagian dari sensor optik (optical sensor) adalah sensor yang menggunakan serat optik sebagai unsur pengindera (sensing element) perubahan fisis yang akan dideteksi.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PG. 14-16 Yas p
Uncontrolled Keywords: Teknologi, Sensor Serat Optik
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1 Physics (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi
Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsNIM
Moh. YasinNIDN0003126704
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Jan 2017 16:53
Last Modified: 28 Dec 2020 14:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/50919
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item