PENGGUNAAN OVAPRIM DAN PROSTAGLANDIN F2-ALFA (PGF2-ALFA) DENGAN DOSIS YANG BERBEDA SEBAGAI INDUKSIOVULASI IKAN MAS( CYPRINUS CARPIO L.)

Edy Nusantoro, 090014089 (2003) PENGGUNAAN OVAPRIM DAN PROSTAGLANDIN F2-ALFA (PGF2-ALFA) DENGAN DOSIS YANG BERBEDA SEBAGAI INDUKSIOVULASI IKAN MAS( CYPRINUS CARPIO L.). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK TBR 09.03 Nus p .pdf

Download (633kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Program Studi Bio1ogi Reproduksi Program Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya, 2003. Penggunaan ovaprim clan PGF2-a Terhadap ovulasi Ikan Mas (Cyprinus carpio L.). (dibawah bimbingan Bapak Mas&#039;ud Hariadi ,D., M.PhiI.,drh dan Ibu Dr. Wurlina. M.S. ,drh ). Penelitian dilakukan di Balai Budidaya Air Tawar di Desa Punten Malang Jawa Timur,Horman yang sering digunakan untuk merangsang pemijahan diberbagai Negara saat ini adalah ovaprim clan PGF2-a. Salah satu faktor yang mempengaruhi rangsangan pemijahan adalah Pemberian dosis yang tepat. Dosis hormon yang kurang tepat akan memberikan hasil yang kurang memuaskan. Selain menentukan dasis barman yang tepat, diperlukan juga hormon mana yang lebih berpengaruh antara avaprim clan PGF2-a atau kombinasi keduanya terhadap ovulasi ikan mas (Cyprinus cmpio L.) Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pemberian dosis avaprim clan PGF2a yang berbeda terhadap migrasi inti (germinal visicle break down), keberhasilan ovulasi, kecepatan ovulasi, fertilisasi,daya tetas telur clan daya kelangsungann hidup (survival rate) ikan mas (Cyprinus carpio L.). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap Pola Faktorial sebagai perlakuan dalam penelitian ini adalah dosis ovaprim clan PGF2-a clan kombinasi keduannya yaitu ( ovaprim+PGF2-a ) yang terdiri dari 9 perlakuan, perlakuan (a) = Kontro perlakuan (b) = ovaprim 0,3 ml/kg BB, perlakuan (c) = ovaprim 0,5 ml/kg BB, perlakuan (d) = PGF2-a 1,5 mg/kg/BB, (E) = PGF2-a 2,5 mg/kg/BB, perlakuan (t) =ovaprim+PGF2a 0,3 ml +1,5 fig, (g) =avaprim+PGF2-a 0,3 ml + 2,5 fig, ovaprim+PGF2a 0,5 ml + 1,5 fig, ovaprim+PGF2a 0,5 ml+2,5mg. Pengambilan data masing-masing perIakuan sebanyak 5 ka1i ulangan. Analisa data hasil penelitian menggunakan analisis Rancangan Acak Lengkap pola Faktoria! dandilanjutkan dengan LSD dengan taraf signifikann 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ovaprim, PGF2-a clan kambinasi keduanya (ovaprim + PGF2-a) terhadap Migrasi inti (GVBD), sukses induk ovulasi, kecepatan ovulasi (waktu latensi ), fertilisasi, daya tetas telur clan daya kelangsungan hidup (survival rate) terhadap ovulasi induk Ikan Mas (Cyprinus carpio L.) adalah berbeda nyata (p &lt; 0,05). Dari uji statistik bahwa perlakuan dosis yang optimal clan efisien adalah kombinasi PGF2-a+ovaprim dengan dosis 1,5 mg + 0,3 ml/kg BB. </description

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KK TBR 09.03 Nus p
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Edy Nusantoro, 090014089UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMAS'UD HARIADI,, Ph.d., M.Phil., drhUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 15 Jan 2017 20:30
Last Modified: 09 Jun 2017 18:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51071
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item