PERLAKUAN BIAYA SUMBER. DAYA MANUSIA SBBAGAI AK.TIVA DALAM AKUNTANSI SUMBERDAYA MANUSIA (STUDI KASUS PADA Pr. SWADAYA 0JtAHA ORJ3Sll{)

B.A PENNY WIDYASTUTI (2001) PERLAKUAN BIAYA SUMBER. DAYA MANUSIA SBBAGAI AK.TIVA DALAM AKUNTANSI SUMBERDAYA MANUSIA (STUDI KASUS PADA Pr. SWADAYA 0JtAHA ORJ3Sll{). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
51143.pdf

Download (208kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Akuntansi sumber daya manusia Ille!rupakull SU<ltu topik yang banyak dibicar~lkall akhir-akhir ini. llli bukan mcrupak~1 suutu hal Y.IIlg. anch lagi mengingat saat ini memang tclah banyak riset telah didesain oll:h para akunlan sumber daya manusia untuk mengcmb~lgkan konscp dan metode! akulltansl unluk 1\I~lUsia sebagai aktiva. Pemikiran ini dilandasi oleh kenyataan bahwa tdah tct:.iadi transformasi ekollomi, yaitu yang. scmula ckonomi Icbih tcrfokus pada se!ktor dilll~la orang.-orang dipekerjakan, telah hcrubah pada jc:nis dan tingkatall kcahlian Y'lllt! dibulllhkall olch pcrusahaall. Dengan adllilya pcrubahall iui, mcnyebabkan mall usia yllilg mClIlpullyai kclebihan seperti keahlian. pcndidikan, dan pengalaman dibidangnya Icbih dihutuhkan daripada merekamereka yang hany., mcngandalkan kekuatan sccara fisik. Sumbcr daya manusia merupakan salah satu asset perusahaan yang harus mulai diperhitungkan disamping asset Ilcrusahaan lainnya. Kalau asset-asset perusahaan dapat ditemukan dalam laporan keuangan suatu perusallaan, bagaimanakah dengan sumber daya manusia? Berdasarkan hal itulall maka peneliti disini mcncoba untuk memberikan gambaran bagaimana apabila akuntansi sumber daya manusia diterapkan dalarn suatu perusallaan. Disini yang digunakan sebagai contoh adalall biaya untuk pelatihan karyawan. Didalam akuntansi sumber daya manusia, biaya-biaya yang dikeluarkan perusaJlaan untuk pengembangan karyawan bukan diakui sebagai biaya tetapi diakui sebagai investasi, karena memang itu merupakan in\'estasi pcrusallaan yang manfaatnya dapat dirasakan daJam jangka waktu panjang. Seorang karyawan yang berkualitas seperti jtu tentunya akan banyak memberikan sumbangan bagi kemajuan perusahaan. Untuk itu disini peneliti melakukan penelitian dengan metode studi kasus untuk memberikan jawaban tersebut. Ada dua metode yang lazim digunakan dalam mengukur biaya sumber daya manusia, yaitu historical cost method dan replacement cost method, dan yang paling disarankan untuk digunakan adalall historical cost method. Masingmasing metode ini tentu mempunyai kelemahan-kelemaltan. Tetapi sebelum melakukan pengukuran biaya sumber daya manusia. hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah materialitasnya. Materialkah biaya sumber daya manusia tersebut bagi perusaltaan? Kalau memang biaya tersebut cukup mempunyai nilai material bagi perusahaan, biaya tersebut dapat dikapitalisasi, tetapi kalau tidal< sebaiknya biaya tcrsebut tetap diperlakukan sebagai biaya. Dan temyata dari hasil penelitian diketahui baltwa biaya pelatihan karyawan yang dikeluarkan perusaltaan tidak mempunyai nilai material bagi perusallaan. Juga saat ini perusahaan belum menerapkan akuntansi sumber daya manusia tersebut. Dari hasH ini peneliti dapat menyimpulkan ballwa dalam melakukan kapitaJisasi atas biaya sumber daya manusia. pertimbangan terhadap aspek materialitas perlu diperhatikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 281 /01 Wid p ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: PERLAKUAN BIAYA SUMBER. DAYA MANUSIA SBBAGAI AK.TIVA DALAM AKUNTANSI SUMBERDAYA MANUSIA (STUDI KASUS PADA Pr. SWADAYA 0JtAHA ORJ3Sll{)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
B.A PENNY WIDYASTUTINIM09I22317-B
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArsono Laksmana, Dr. .S.E.,Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 16 Jan 2017 17:51
Last Modified: 09 Jun 2017 21:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51143
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item