STUDI PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING UNTUK MENENTUKAN PROFITABILITAS PRODUK-PRODUK JASA PERBANKAN SYARIAH PADA PT BANK MUAMALAT INDONESIA Tbk.

LAELA NIKULINA (2001) STUDI PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING UNTUK MENENTUKAN PROFITABILITAS PRODUK-PRODUK JASA PERBANKAN SYARIAH PADA PT BANK MUAMALAT INDONESIA Tbk. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 27.02 Nih s.pdf

Download (677kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu perhatian utama manajemen suatu bank dalam memenangkan strategi persaingan adalah bagaimana meluncurkan produk-produk jasa perbankan yang mampu menarik minat masyarakat sekaligus menguntungkan dari segi biaya operasi dan profit yang diperoleh. Untuk memperoleh komposisi bauran'produk yang tepat, manajemen harns secara berkala melakukan analisis biaya profitabilitas. Agar biaya-biaya tidak langsung dapat ditelusuri dengan akurat, maka sekarang ini terdapat beberapa bank besar yang telah menerapkan ABC (activity-based costing) untuk mengetahui biaya produknya secara lebih akurat. Menurut Garrison dan Noreen (1997: 183), desain ABC biasanya mencakup empat tahapan, yaitu: (1) analisis nilai proses (Process value analysis), (2) identiftkasi pusat-pusat aktivitas (activity center), (3) menelusuri biaya ke pusat-pusat aktivitas, dan (4) menentukan pemicu biaya (cost driver). Dalam ABC, biasanya aktivitas digolongkan dalam empat tingkatan yaitu Unit-level activities, Batch-level activities, Product-level activitie, dan facility level activities .. Ruang lingkup penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan menggambarkan dan menginterpretasikan aktivitas-aktivitas yang membentuk produk yang ditawarkan dan melakukan analisa profitabilitas terhadap produk-produk Bank Muamalat Indonesia. Jenis data yang dipergunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif baik . yang bersifat primer maupun sekunder. Produk-produk utama Bl\1I terdiri atas produk pengerahan dana, produk penyaluran dana, serta jasa-jasa bank Jainnya. B!\'lI belum menyeJenggarakan sualu sistem untuk menentukan biaya (cost) atau harga pokok produk untuk menentukan tingkat profitabilitas produk-produknya. BMI belum menerapkan (ABC), namun terdapat beberapa faktor pendukung yang memungkinkan penerapan sistem tersebut. Sebaliknya kendalanya adalah sistem akuntansinya yang tidak menyediakan data biaya per fungs~ belum adanya data aktivitas dan pemicu biaya. Dari analisis profitabilitas produk berdasarkan model ABC yang dilakukan menunjukkan produk pembiayaan yang menghasilkan laba terbesar adalah pembiayaan Al-Ba;iu Bithaman Ajil, sedangkan produk pengerahan dana yang paling profitable adalah Giro Wadi'ah. Sebaiknya manajemen B:tvlI menyelenggarakan suatu sistem yang memungkinkan dilakukan analisis atas profitabilitas produk-produknya. Dalam hal ini, ABC merupakan salah satu alternatif yang dapat diteliti kemungkinannya. Jika hendak menerapkan ABC, sebaiknya B1vn menggunakan sistem akuntansi khusus ABC. Hal ini akan membantu penerapan ABC yang membutuhkan validitas dan kecukupan data, serta akurasi perhitungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1811-2351 Special classes of banks and financial institutions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
LAELA NIKULINANIM049822041-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorELlA MUSTIKASARI, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 16 Jan 2017 23:43
Last Modified: 16 Jan 2017 23:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51212
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item