EVALUASI KlNERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN ANALISIS RASIO UNTUK MENGUKUR EFEKTIFITAS PELAKSANAAN RESTRUKTURlSASI HUTANG PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. X DI PASURUAN JATIM)

MADE DUDY SATYAWAN, 049711596 E (2001) EVALUASI KlNERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN ANALISIS RASIO UNTUK MENGUKUR EFEKTIFITAS PELAKSANAAN RESTRUKTURlSASI HUTANG PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. X DI PASURUAN JATIM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
51220.pdf

Download (343kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Restrukturisasi hutang merupakan beban keuangan yang ditanggung oleh suatu perusahaan hasil dari adanya perubahan perjanjian hutang-piutang antara pihak debi/ur (perusahaan peminjam modal) dengan pihak kredi/ur (pemberi modal), karena debitur mengalami kesulitan dalam pembayaran kewajibankewajibannya. Langkanya likuiditas, modal kerja yang rendah, makin tingginya biaya operasional dan laba yang negatif, merupakan faktor-faktor penyebab memburuknya kinerja keuangan perusahaan, implikasi dariketerpurukan perekonomian akibat krisis nilai tukar di kawasan Asia Tenggara sejak pertengahan tahun 1997. Penelitian ini bertujuan untuk: mengevaluasi efektifitas dari pelaksanaan restrukturisasi hutang. Peneliti mengambil judul ini karena peneliti berpendapat bahwa pelaksanaan restrukturisasi hutang yang efektif dan konsisten akan dapat membantu perusahaan memulihkan kinerja keuangannya, khususnya kemampuan untuk memenuhi kewajiban kepada pihak kreditur. Evaluasi terhadap efektifitas dari pelaksanaan restrukturisasi hutang yang dilakukan PT. X menggunakan teknik analisis rasio. Pengukuran rasio-rasio keuangan ini diambil dari laporan keuangan (neraca dan laporan laba rugi). Rasiorasio keuangan yang diukur adalah likuiditas. leverage, aktivitas, dan profitabilitas. Pemilihan atas rasio-rasio keuangan tersebut disesuaikan dengan tujuan penelitian yaitu menganalisis perubahan-perubahan yang terjadi dalam kinerja keuangan perusahaan sebelum dan setelah dimulainya program restrukturisasi hutang. Hasil dari pengukuran tersebut digunakan sebagai pedoman bagi manajemen perusabaan dalam mengevaluasi kembali apakah strategi dan perencanaan yang diimplementasikan untuk melaksanakan restrukturisasi hutang telah berjalan secara efektif. Dari basil penilaian atas analisa rasio pada PT. X menunjukkan kondisi keuangan yang membaik dibandingkan dengan tahun-tabun sebelum dimulainya program restrukturisasi hutang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan restruktwisasi hutang untuk: tahun-tahun yang diperbandingkan telah berjalan efektif sebagaimana telah menjadi tujuan dari dipilihnya program pemulihan kinerja keuangan ini. Meskipun mempunyai kecenderungan membaik secara internal pada angka rasionya, kondisi PT. X bila dibandingkan dengan perusahaan sejenisnya bisa dibilang lebih buruk, terutama pada rasio leverage dan profitabilitas. Akan tetapi hasil peniiaian rasio keuangan tersebut tidak bersifat mutlak dan hanya merupakan gambaran relatif tentang kondisi keuangan dan prestasi perusahaan. Pelaksanaan restrukturisasi hutang yang efektif dan konsisten akan dapat memulihkan dan meningkatkan kinerja keuangan perusahaan dengan cepat dan tepat. Restrukturisasi hutang perusahaan-perusahaan merupakan salah satu kebijaksanaan utama yang merupakan langkah-langkah strategis pemerintah Indonesia dalam rangka memulihkan perekonomian nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 A 288 / 01 Sat e ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: EVALUASI KlNERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN ANALISIS RASIO UNTUK MENGUKUR EFEKTIFITAS PELAKSANAAN RESTRUKTURlSASI HUTANG PERUSAHAAN (STUDI KASUS PADA PT. X DI PASURUAN JATIM)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MADE DUDY SATYAWAN, 049711596 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM SUYUNUS, Ak., MAFIS, Drs..UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Jan 2017 16:18
Last Modified: 11 Jun 2017 21:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51220
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item