DODDY DARMA SETYAWAN, 049911806 E
(2004)
PELAPORAN BIAYA KUALITAS OALAM UPAYA MEMPERBAIKI DAN MENINGKATKAN KUALITAS PROOUK 01 PT. "X" SURABAVA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Perubahan dalam lingkungan bisnis seperti meningkatnya kompetisi global, kecangginan teknologi infonnasi dan pemanufakturan, lebih memfokuskan pada pelanggan, bentuk baru organisasi manajemen, serta perubahan sosial politik dan lingkungan budaya, dimanfaatkan oleh lingkungan dunia usaha bersaing untuk mendapatkan pelanggan yang banyak. Untuk itu perusahaan harus memperbaiki posisi persaingannya dengan memiliki keunggulan bersaing agar pertumbuhan perusahaan berlanjut dan memperoleh Iaba yang tinggi. Strategi peningkatan kualitas prod uk bescrta pengendalian terhadap biaya kualitas dilakukan dengan melaporkan dan mer.gannlisis biaya kualitas produk tersebut Dalam melaksanakan pe1aporan terhadap biaya kualitl.".s tersebut diperlukan kartu scoring biaya mutu (Quality CoSI ,c..,'core ('{1rd), schingga kinerja dapat diukur dan tindakan~tindakan koreksi dapat dilakukan.
Dalam penelitian ini dibahas tentang "Pelaporan Biaya Kualitas Dalam Upaya Mempercaiki Dan Meningkatkan Kualitas Produk Di PI. "X" Surabaya". PI. PERTAMINA Surabaya selama ini belum mengadakan Kartu Biaya Kualitas sehingga pelaporan biaya kualitas bcserta analisis biaya kualitas belum dapat dilaksanakan. selain itu PI. PERTAMINA juga belum melakukan pengukuran dan pelaporan biaya kualitas secara terpisah, sehingga mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi dan mengklasiftkasikan biaya-biaya kualitas. Permasalahan yang diteliti daJam penelitian ini adalah "Bagaimana pelaporan biaya kualitas dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas produk di PI. "X" Surabaya". Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus.
Berdasarkan laporan biaya~biaya yang diperoleh penulis, maka biaya-biaya
kualitas tersehut dapat diidentifikasi dan diklasifikasikan, kemudian dapat disusun
dan dibuat kartu biaya kual itas «(Jualtty C()sl ,,)'core Card) masing-masing kategori
biaye kuaJita~ untuk memudahkan dalam menganalisis kinerja kualitas yang me1iputi
keempat kategori tersebut, kartu biaya kualitas / mutu dari PI. "X" Surabaya untuk
lTlasa tiga !ahun terakhir yang sudah diolah penulis meliputi tahun 2000, 200 I, dan
2002. DElri scmua itu diperoleh hasil bahwa biaya kualitas yang dikeluarkan oleh
VI' pun AMIN,\ Surahava Illcllgalami kenaikan dari talllln ketahun yuill! sehesar
l<p 56.334.l)1l1l)77,00 pada lahun 2000, Rp 6 1.046.035.772,00 pada tahun 200 I, serta
pada tahun 10m sebesar Rp 69.1.14.844.373,00. Jika total biaya kualitas ini
dibandin~kan dengan penjualan aktual yang bersangkutan adalah sebesar 3,00%
untuk rahlm 2000, untuk tahun 2001 sebesar 2,78%, dan menjadi 3,46% pada tahun
2002.
D<lri hasil peluporan biaya kualilas terscbut, pihak manajenwn perlu
l1lengendalikan tingkat biaya kualitas total yang dikeluarkan oleh perusahaan seiring
dengan relaksanaan pcningkatan kuulitusnvu. Penlilis mcnyarankan agar
VI
ADLN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS AIRLANGGA
SKRIPSI PELAPORAN BIAYA KUALITAS ... DODDY DARMA SETIAWAN
PT. [JERTA MINA Surabaya sebaiknya memulai melaporkan biaya kualitas dengan melakuka!l pe'1gukuran dan menganalisis terhadap biaya kualitas agar dapat diketahui besarnya biaya kualitas yang telah dikeluarkan oleh perusahaan. Dengan adanya kegiatan tersebut perusahaan dapat mengendalikan kualitas Pfoduk dan memantau hasil yang telah dicapai dari tahun ketahun serta sebagai dasar dalam pengambilan tindakan-tindakan yang dianggap perlu. Dan juga yang tidak kalah pentingnya adalah percsahaan mengadakan suatu pelatihan dan pendidikan bagi seluruh karyawannya secC!ra bergilmm untuk meningkatkan kemampuan dan skill para karyawannya dalam beroperasi.
Actions (login required)
|
View Item |