WIOODO OWl UTOMO, 079313911
(1998)
POSISI POUTIK PERS : Analisis lsi Berita dan Tajuk Rencana Tentang Kampanye Pemilu 1997 di Harian Kompas. Republika. Surabaya Post dan Jawa Pos.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Banyaknya pers yang mengklaim dirinya sebagai pers yang lndependen, dihadapkan dengan aturan-aturan yang dilahirkan oleh Orde baru untuk menekan pers melahirkan suatu pertanyaan mengenai posisi politik pers. mernpertanyakan posisi politik pers dikaitkan dengan peliputan kampanye Pemilu 1997, melahirkan dua permasalahan mengenai kecenderungan keterpihakan pers, permasalahan pertama mengenai kecenderungan keberpihakan pers ketika dihadapkan pada pilihan untuk memihak salah satu OPP dari tiga OPP yang ada, dan permasalahan yang kedua, ketika pers dihadapkan pada pilihan untuk memihak antara OPP dengan masyarakat. Untuk itu, digunakan metode analisis isi dengan empat surat kabar yang digunakan sebagai sample penelitian. Keberpihakan pers kemudian dilihat dari kecenderungan pers dalam menampilkan citra positif atau negatif pada pihak-pihak yang diberitakan selama kampanye
Actions (login required)
|
View Item |