PENGARUH SAVING COST TERHADAP STANDART MUTU MAKANAN (Studi tentang pengaruh saving cost terhadap standart mutu makanan di hotel majapahit mandarin oriental surabaya)

INDRIASARI LUKITANINGSIH (1999) PENGARUH SAVING COST TERHADAP STANDART MUTU MAKANAN (Studi tentang pengaruh saving cost terhadap standart mutu makanan di hotel majapahit mandarin oriental surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK FIS PW 51-99 LUK P.pdf

Download (730kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengaruh saving cost terhadap standard mutu makanan yang ada di suatu hotel benar benar memegang peranan penting dalam kelancaran operasionalnya. Saving cost yang ter:iadi lebih banyak dikarenakan adanya krisis ekonomi dan depresiasi rupiah terhadap mata uang dollar sehingga harga -harga barang di dalam maupun di luar negeri ikut melonjak naik. Bagi industri perhotelan, hal tersebut san gat merugikan karena meningkatnya biaya operasional hotel mengharuskan adanya tindakan -tindakan penghematan biaya semaksimal mungkin. Departemen F&B Product merupakan departemen yang memegang peranan utama dalam menjamin kepuasan maupun ketidak puasan dari para tamu. Untuk itu, dalam penelitian ini penulis mencoba menyajikan teori -teoTi yang berhubungan dengan produk dari suatu hotel dan pengaruhnya bagi kepuasan maupun ketidakpuasan tamu. Adapun teori yang digunakan diambil dari pendapat Philip Kotler, Theodore Levit, Priscillia A. La Barbera & David Marzuky, Steven P. Schnaars dan Ralph L Day. Sedangkan metode penetitian yang digunakan adalah menggunakan analisa data deskriptif kwalitatif dimana data yang diperoleh akan diuraikan dan digambarkan secara jelas sesuai dengan kondisi yang sebenamya. Hotel Majapahit, Mandarin Oriental Surabaya sebagai salah satu hotel berbintang lima menerapkan standard intemasional dalam pengolahan dan penyajian makanannya. Oleh karena itu, pelaksanaan saving cost harus memperhatikan kebijaksanaan -kebijaksanaan tertentu dimana kebijaksanaan yang diambil merupakan kesepakatan bersama pihak manajemen hotel. Adapun kebijaksanaan tersebut meliputi kebijaksanaan tentang pemHihan dan penggantian bahan makanan yang ada sehingga hasil akhir dari suatu makanan tidak akan mengecewakan para tamu. Dengan demikian hotel Majapahit, Mandarin Oriental Surabaya akan dapal memberikan layanan terbaik bagi para tamunya khususnya dalam hal penyajian makanan dan minuman.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 Fis PW 51/99
Uncontrolled Keywords: PRODUCTION COST, QUALITY CONTROL
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
INDRIASARI LUKITANINGSIHNIM079610165-S
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDENY ARNOS KWARY, SS.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 18 Jan 2017 20:45
Last Modified: 12 Jun 2017 21:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51363
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item