NAILUL MUROD
(2004)
PENGGUNAAN TUGAS BERVARIASI TERHADAP SISWA-SISWI KELAS III-VI SDN BUNGAH GRESIK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA INGGRIS.
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Motivasi adalah salah satu faktor yang perlu dimiliki oleh setiap siswa SON Bungah untuk pencapaian hasil pembelajaran bahasa Inggris yang maksimal. Motivasi siswa SON Bungah dapat dimunculkan melalui suatu kegiatan atau tugas yang menarik, yang harus mereka keIjakan dengan didukung oleh media atau bantuan yang menarik pula. Ada banyak media pengajaran yang bisa penulis fungsikan untuk mendukung penyajian tugas-tugas kepada siswa-siswi SON Bungah, misalnya : gambar, obyek-obyek nyata, dan buku teks, sehingga tugastugas yang disajikan menjadi lebih bervariasi dan menarik.
Tugas adalah suatu kegiatan atau latihan atau pekeIjaan yang diberikan penulis kepada siswa-siswi SON Bungah untuk dikeIjakan dengan baik dalam waktu yang sudah ditentukan. Tujuan pemberian tugas adalah supaya para siswa memperoleh pemantapan materi yang diajarkan dan dapat memperbaiki kesalahan yang mungkin mereka lakukan dalam memahami materi ajar.
Ada banyak macam tugas yang disajikan penulis kepada siswa-siswi SON Bungah. Berdasarkan isi tugasnya, penulis mengklasifikasikan tugas-tugas itu menjadi tiga macam, yaitu : tugas yang berisikan tentang aspek-aspek bahasa, pengetahuan umum, dan tugas yang berhubungan dengan dunia anak. Berdasarkan bentuk penyajiannya, penulis mengklasifikasikan tugas-tugas itu menjadi tiga macam, yaitu, pennainan (dialog, story telling, whispering game, dan lain-lain) dan menjawab soal-soal dalam bentuk teks.
Bentuk tugas yang disajikan penulis itu sangat efektif untuk diterapkan dalarn proses belajar mengajar bahasa Inggris di SDN Bungah karena dapat memotivasi mereka belajar lebih giat lagi dan dapat mengaktifkan mereka menggunakan bahasa Inggris dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris.
Actions (login required)
|
View Item |