BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DALAM PERSPEKTIF MUAMALAH MAALIYAH AL MUASHIRAH

BHIMANTRA SHANDIA HUTAMA, 031211131136 (2016) BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DALAM PERSPEKTIF MUAMALAH MAALIYAH AL MUASHIRAH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
FH.177-16 Hut b.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (Abstrak)
FH.177-16 Hut b Abstrak.pdf

Download (797kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial, setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat. Dengan demikian adanya BPJS ini dibentuk untuk menjamin hak konstitusional setiap setiap orang atau warga dan sebagai pelaksana tugas konstitusional negara untuk mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah atau tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan. Rumusan masalah yang diulas dalam penelitian ini adalah bagaimana badan penyelenggara jaminan sosial kesehatan ini dilihat dari perspektif hukum islam secara umum dan lebih khusus terhadap permasalahan Muamalah Maaliyah Muashirah nya. Metode yang dipergunakan adalah penelitian teoritik dan penelitian doktrinal. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa dalam penyelenggaraan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial mengenai prinsipprinsipnya memang sudah memenuhi prinsip-prinsip syariah, namun akan lebih sempurna lagi jika dalam pengoperasionalan kedepan nya mengenai kejelasan akad dapat digunakan akad mudharabah musytarakah dan hibah dalam satu paket akad yang dituangkan dalam formulir untuk menjamin kepastian hukumnya. Kata Kunci: jaminan sosial, mudharabah musytarakah, akad, Muamalah Maaliyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2.FH.177-16 Hut b
Uncontrolled Keywords: jaminan sosial, mudharabah musytarakah, akad, Muamalah Maaliyah.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K623-968 Civil law > K830-968 Obligations > K840-917 Contracts
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
BHIMANTRA SHANDIA HUTAMA, 031211131136UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbd. ShomadUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 18 Jan 2017 23:45
Last Modified: 18 Jan 2017 23:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51422
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item