PENGARUH LAMA PERENDAMAN BASIL CETAKAN ALGINAT DALAM LARUTAN FENOL 1.6% TERHADAP KEAKURATAN DIMENSI HORISONTAL MODELKEIUA ( Penelitian Laboratoris )

RENNY CRISTIYANA HESTY, 029812600 (2003) PENGARUH LAMA PERENDAMAN BASIL CETAKAN ALGINAT DALAM LARUTAN FENOL 1.6% TERHADAP KEAKURATAN DIMENSI HORISONTAL MODELKEIUA ( Penelitian Laboratoris ). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk kg 33.03 Hes p.pdf

Download (105kB) | Preview
Official URL: http:/lib.unair.ac.id

Abstract

Dari hasil penelitian mengenai pengaruh lama perendaman hasil cetakan alginat ke dalam larutan fenol 1,6% terhadap ketepatan dimensi horisontal model keIja yang dihasilkan didapatkan kesimpulan bahwa lama perendaman hasil eetakan alginat lebih dari 10 menit menunjukkan perubahan yang berarti. Makin lama perendaman maka nilai rata-rata luas pengukuran dimensi horisontal pada model keIja makin besar, yang menandakan besamya proses imbibisi yang terjadi dan menyebabkan cetakan alginat menjadi sangat lunak dan mengalami kerusakan sehlngga tidak dapat menahan ekspansi gips keras. Pada perendaman eetakan alginat dalam larutan fenol 1,6% selama 10 menit perubahan yang terjadi masih dapat diterima. Karena perbedaan rata-rata luasnya pada pengukuran model keIja bila dibandingkan dengan kelompok kontrol C relatif keeil. Sedangkan perendaman cetakan alginat dalam fenol lebih dari 10 menit imbibisinya sudah begitu besar sehingga menyebabkan kerusakan eetakan alginat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Uncontrolled Keywords: DENTAL MATERIALS, CETAKAN ALGINAT
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
RENNY CRISTIYANA HESTY, 029812600UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSRI YOGYARTI, drg., MS.UNSPECIFIED
Thesis advisorSOEBAGYO, drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 24 Jan 2017 19:14
Last Modified: 24 Jan 2017 19:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51747
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item