PENERAPAN PELAPORAN BIAYA KUALITAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN LABA CV. RIMBA JAYA

WINDY PUSPITA SARI, 049711572 E (2003) PENERAPAN PELAPORAN BIAYA KUALITAS SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN LABA CV. RIMBA JAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
KK A 124 04 Sar p 049711572 E.pdf

Download (838kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fungsi utarna bank sebagai lembaga keuangan adaJahjinancial intermediary, yaitu sebagai perantara keuangan yang memberikan jasa keuangan bagi unit surplus maupun unit defisit. Sebagai perusahaan yang berusaha mencar laba maka setiap pelayanan jasa yang diberikan bank harns mendapatkan kompensasi. Di dalam proses menerima dana, biaya administrasi, dan pajak. untuk itu bank hams mendapatkan Iaba yang cukup untuk dapat melanjutkan operasionalnya. Selama ini sumber utarna pendapatan bank adalah spread antara bunga kredit dan bunga simpanan (deposito) yang dikenal dengan pendapatan bunga, namun dengan adanya krisis ekonomi banyak bank yang mcngalami likuidasi dikarenakan banyaknya kredit macet yang mereka kucurkan. Sehingga dengan mengandalkan pendapatan bunga saja sebagai sumber pendapatan tcmyata menyebabkan pendapatan perbankan menjadi berfluktuatif, oleh karena itu sudah saatnya perbankan memperhatikan kegiatan lain sebagai sumber pendapatan. yang selam ini tidak mendapatkan perhatian penuh. Kegiatan tersebut dikenal dengan kegiatan non tradisional perbankan yaitu suatu kegiatan yang menghasilkan pendapatan non bunga (Fee Based Income). Maskipun banyak penelitian yang menyimpulkan kalau pendapatan non bunga ini dapat menyebabkan pendapatan perbankan menjadi lebih stabH, temyata ada beberapa bank yang justru mengalarni kerugian pada saat jumlah pendapatan non bunganya tinggi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara pendapatan non bunga dengan risiko usaha perbankan, dengan pendekatan penelitian study kasus dan obyek penelitiannya adaJah PT. Bank "X" di Surabaya. Adapun variabel yang disertakan dalam penelitian ini adalah pertumbuhan asset perbankan. tingkat suku bungs Sertifikat Bank Indonesia, Produk Domestik Bruto, dan kondisi perekonomian Indonesia sebelum dan sesudah krisi ekonomi. Dari basil penelitian diperoleh kalau korelasi antara pendapatan non bunga dengan risiko usaha perbankan adaJah negatif, korelasi antara pendapatan non bunga dengan pertumbuhan asset perbankan adalah positif, korelasi antara pendapatan non bunga dengan tingkat suku bunga Sertifikat Bank Indonesia adaJah positif, korelasi antara pendapatan non bunga dengan Produk Domestik Bruto adaJah negatif, sedangkan korelasi antara pendapatan non bunga dengan kondisi perekonomian adalah positif. Kala kunci : Fee Ba~ed Income, Pendapatan Non Bunga, Pendapalan Bunga, SBJ, PDB, Risiko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK A 124 04 Sar p (fulltext tidak tersedia)
Uncontrolled Keywords: Fee Ba~ed Income, Pendapatan Non Bunga, Pendapalan Bunga, SBJ, PDB, Risiko.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
WINDY PUSPITA SARI, 049711572 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorElia Mustikasari, Dra., MSi .AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 24 Jan 2017 19:57
Last Modified: 16 Jun 2017 19:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51759
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item