PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ALANTOIN DARI URINE SAPI DENGAN ALANTOIN STANDAR DALAM PENYEMBUHAN LUKA INSISI PADA KELINCI

Nina Hadi Amayanti, 069211843 (1996) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS ALANTOIN DARI URINE SAPI DENGAN ALANTOIN STANDAR DALAM PENYEMBUHAN LUKA INSISI PADA KELINCI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 1152-98 AMA P.pdf

Download (471kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa tidak terdapat perbedaan antara efektivitas alantoin dari urine sapi dengan alantoin standar dalam penyembuhan luka insisi pada kelinci. Sejumlah 14 ekor kelinci lokal betina berbulu putih dengan berat badan antara 900 sampai 1000 g dibagi secara acak menjadi dua kelompok, dengan masing-masing anggota kelompok berjumlah tujuh ekor. Setiap kelinci dilukai pada paha kiri dan kemudian dilakukan pengobatan sesuai perlakuan. Kelompok pertama merupakan kelompok kontrol yang diberi perlakuan pengobatan dengan alantoin stan dar 0,4 persen. Sedangkan kelompok kedua merupakan kelompok hewan coba yang diobati dengan alantoin dari urine sapi 0,4 persen, hasil proses separasi dengan metode Meissner. Pengobatan secara topikaJ diberikan tiga kaH sehari dengan interval delapan jam. Pengamatan kesembuhan luka dilakukan secara berkala bersamaan dengan waktu pengobatan. Pengamatan tersebut dilakukan untuk mengetahui lama waktu kesembuhan luka insisi. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap. Data yang diperoleh ditabulasi dan dianalisis dengan Uji t Dua Pihak. HasH penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan antara efektivitas alantoin dari urine sapi dengan alantoin stan dar dalam penyembuhan luka insisi pada kelinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 1152/98 Ama p
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Nina Hadi Amayanti, 069211843UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantChairul Anwar Nidom, M.S., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 26 Jan 2017 22:00
Last Modified: 26 Jan 2017 22:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/51954
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item