MULIYADI, 049615457
(2001)
PENERAPAN ACTIVITY-BASED MANAGEMENT DALAM MENCIPTAKAN CUSTOMER VALUE PADA PT "X" DI SIDOARJO.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Persaingan dan perubahan lingkungan yang semakin dinamis menuntut
perusahaan untuk mampu menyesuaikan diri. Konsumen semakin peduli terhadap
pemenuhan kebutuhan mereka dan nHai yang mereka peroleh dati produk dan jasa
yang dibeli dati produsen sehingga faktor waktu, kualitas dan biaya merupakan
bagian yang penting untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Kondisi ini
menuntut manajemen perusahaan untuk memperhatikan aktivitas yang digunakan
oleh perusahaan dalam menghasilkan nilai bagi konsumen.
Activity-Based Management memfokuskan perhatian manajemen pada
aktivitas-aktivitas dengan tujuan untuk meningkatkan customer value dan
menghasilkan laba. ABM terdiri dati 2 dimensi. Dimensi yang pertama adalah
dimensi yang berusaha menyajikan infonnasi mengenai aktivitas yang
menimbulkan biaya melalui perhitungan dengan sistem Activity-Based Costing.
Dengan penerapan perhitungan ABC, diharapkan perhitungan biaya produk akan
semakin akurat karenaABC membebankan biaya overhead berdasarkan aktivitasaktivitas
yang diserap oleh setiap produk bukan jumlah unit yang diproduksi.
Selanjutnya dengan informasi biaya aktivitas ini, melalui dimensi proses dapat
diidentifikasi dan dianalisis aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan proses
produksi dan akan diperoieh real value-added activities, business value-added
activities dan non value-added activities. Untuk aktivitas non value-added
sebaiknya dieliminasi serungga biaya yang dibebankan ke produk akan berkurang.
Sedangkan untuk aktivitas business valau-added dapat ditingkatkan efisiensinya.
Dengan demikian melalui pengendalian aktivitas dapat mengurangi biaya.
Tindakan manajemen terhadap aktivitas merupakan Iangkah untuk mengadakan
perbaikan terus menerus dan meningkatkan customer value.
Actions (login required)
|
View Item |