PERANAN PROMOSI DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. PHILIPS RALIN ELECTRONICS CABANG SURABAYA

RAGHMAD WIDJAJA, 048512015 (2013) PERANAN PROMOSI DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. PHILIPS RALIN ELECTRONICS CABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-widjajarag-26054-11.bab-n.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produk dari PT. Philips pada saat sekarang ini ternyata sangat digemari oleh konsumen. Dan hal ini terbukti dengan penelitian yang penulis lakukan dimana sekitar 60% dari responden menyatakan bahwa produk lampu yang ingin mereka beli adalah produk lampu dengan nerk Philips. Sedangkan sisanya (40%) menyatakan memilih produk selain Philips Alasan mereka untuk memilih salah satu merk lampu dari sekian banyak jenis dan merk lampu, adalah sebagian besar disebabkan karena mereka sudah terbiasa menggunakan merk lampu tersebut. Sedangkan atribut yang diharapkan pada sebuah lampu ada tiga yaitu cahaya yang dihasilkan (dalam arti terang tidaknya), awet(tidak gampang putus dan harganya murah. Hampir sebagian besar konsumen mengenai produk lampu dengan merk Philips ini, dari kebiasaan atau tradisi semata (66 %). Sedangkan sekitar 22% menyatakan mengenal produk . lampu dengan merk Philips dari pemberitahuan secara lisan (dari relasi / famili). 10 % nya menyatakan lupa atau tidak tahu dari mana mereka mengenal produk lampu dengan merk Philips. Konsumen mengenal produk Philips bukan dari iklan ataupun usaha dari perusahaan roelainkan berdasarkan kebiasaan semata. Perusahaan masih bisa memperbesar pangsa pasar yang telah diperolehnya selama ini karena ternyata konsumen masih lebih suka memilih produk Philips daripada produk lain. Disamping itu semua responden yang diwawancarai semuanya mengenal merk Philips, mereka tidak mempergunakan produk dari Philips disebabkan sudah terbiasa dengan produk lain. Jadi masih ada konsumen potensial yang masih bisa diharapkan untuk memperbesar penjualan. Hipotesa pertama yaitu bahwa variabel-variabel dari promosi seperti advertising, sales promotion dan personal selling mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap volume penjualan terbukti kebenarannya Hipotesis kedua yaitu bahwa variabel advertising mempunyai pengaruh dominan terhadap volume penjualan terbukti kebenarannya Ketiga variabel bebas di atas yaitu : advertising, sales promotion dan personal selling diketahu secara bersama-sama telah menjelaskan variabel volume penjualan sebesar 86 %, sedngkan sisanya sebesar 14% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam model. Dari ketiga variabel bebas yaitu advertising, sales promotion dan personal selling diketahui bahwa koefisien determinasi parsial yang paling besar adalh parsial r dari variabel advertising dimana 81% dari variasi variabel tergantung Y (volume penjualan) dipengaruhi oleh variabel bebas X1 (advertising). Dan diketahui bahwa variabel X3 hampir tidak memberikan sumbangan yang berarti bagi peningkatan penjualan, sehingga variabel ini bisa diabaikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.749/93 Wid p
Uncontrolled Keywords: PROMOTION; MARKETING - MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RAGHMAD WIDJAJA, 048512015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSITI SULASMI IRAWAN, DRA. PSI, MSCUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Bambang Husodo
Date Deposited: 26 Jul 2013 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 21:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5223
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item